Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok yang Benar Pasti Berhasil

GEMATOS.ID | TikTok merupakan platform media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dalam memberikan fitur menariknya, TikTok menerapkan batasan umur. Bagaimana jika dulu kamu asal menginput tanggal lahir saat daftar? Berikut ini ada cara mengubah tanggal lahir di TikTok yang pasti berhasil. 

Sebenarnya untuk mengubah tanggal lahir di akun TikTok milikmu bukanlah hal yang sulit. Namun terkadang ada yang gagal karena tidak tahu persyaratannya. Hingga akibatnya tidak bisa menggunakan fitur-fitur yang harusnya bisa difungsikan di akun tersebut. 

Sebab itulah, kamu harus tahu bagaimana cara mengedit tanggal lahir yang benar dan pasti berhasil. Pahami juga apa persyaratannya. Kemudian, ketahui solusinya semisal tidak dapat mengubahnya sama sekali. 

Syarat Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Sebelum menerangkan cara mengubah tanggal lahir di TikTok, kamu perlu tahu hal ini. Bahwa untuk menggunakan aplikasi TikTok, setidaknya harus berusaha di atas 14 tahun di negara Indonesia. Sedangkan ada beberapa fitur yang hanya tersedia jika umurmu lebih dari 18 tahun, seperti melakukan live streaming. 

Selain batasan umur tersebut, ada satu persyaratan lagi yang harus diketahui. Kamu tidak bisa terlalu sering mengganti tanggal lahir di TikTok. Paling tidak dari terakhir mengubahnya berjarak tiga bulan. Kalau sebelum itu diganti, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa tanggal lahir baru saja diubah dan diminta menunggu beberapa waktu lagi. 

Related  Cara Menghapus Video di TikTok Satu Per Satu dan Sekaligus

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok
Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengubah tanggal lahir di TikTok. Pastikan dulu bahwa umurmu memang mencukupi untuk menggunakan semua fitur yang tersedia di TikTok. Walaupun para remaja bisa buat akun TikTok, tapi ada beberapa yang dibatasi. 

Kamu tinggal mengubah tanggal lahirnya di menu Pengaturan dan privasi. Tapi jika gagal, sudah ada satu solusi yang dipersiapkan. Langsung saja cek caranya di bawah ini. 

Cara 1. Mengubah Tanggal Lahir di TikTok Lewat Menu Pengaturan dan Privasi

Kalau akhir-akhir ini belum pernah mengganti tanggal lahir di akun TikTok, berarti bisa mengubahnya. Cukup pilih tanggal lahir yang memenuhi persyaratan. Agar lebih jelas, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1. Buka Menu Profil di TikTok

Langkah yang pertama, buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun yang ingin diganti tanggal lahirnya. Lalu dari halaman Beranda, buka menu Profil. Ini terletak di sebelah pojok kanan bawah. 

Langkah 2. Ketuk Ikon Humberger

Kalau sudah membuka halaman Profil, sekarang ketuk ikon humberger yang ada di sebelah kanan atas. Ikon ini ditandai dengan tiga garis sejajar. 

Langkah 3. Masuk ke Bagian Pengaturan dan Privasi

Kamu akan menemukan beberapa orang menu di sini. Untuk melanjutkan cara mengubah tanggal lahir di TikTok, buka saja bagian Pengaturan dan privasi. 

Langkah 4. Buka Bagian Akun

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Di halaman Pengaturan akan ada beberapa menu yang disajikan. Selanjutnya, buka menu Akun yang terletak paling atas. 

Langkah 5. Akses Menu Informasi Akun

Pada bagian ini, kamu pun bisa mengelola akun TikTok, seperti mengubah kata sandi, menghapus akun, dan lain-lain. Karena ingin melihat dan mengubah tanggal lahir, buka menu Informasi Akun. 

Related  4 Cara Menambah Akun TikTok di Aplikasi HP yang Sama

Langkah 6. Lihat Tanggal Lahir

Berikutnya, kamu akan melihat menu Tanggal Lahir dan berapa tanggal yang kamu daftarkan dulu. Kalau ternyata tanggal tersebut ada kesalahan, kamu dapat mengubahnya. Langsung saja klik menu Tanggal Lahir tersebut untuk memperbaikinya. 

Langkah 7. Ubah Tanggal Lahir

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Sekarang, pilih tanggal lahir yang benar. Untuk menggantinya, gunakan menu yang ditunjukkan tersebut. Pastikan tanggal sudah benar, karena kamu dapat mengubahnya kembali setelah lewat tiga bulan. Setelah diubah, tekan tombol Konfirmasi

Langkah 8. Konfirmasi Jika Tanggal Lahir Sudah Benar

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Selanjutnya TikTok akan memastikan bahwa usiamu sesuai dengan tanggal lahir yang sudah diinput. Jika yakin benar, tekan lagi Konfirmasi, kemudian klik Selesai. Kamu sudah berhasil mengganti tanggal lahir akun TikTok dan menikmati semua fitur yang tersedia. 

Cara 2. Mengubah Tanggal Lahir di TikTok dengan Melaporkan Masalah

Apa kamu tidak bisa mengganti tanggal lahir di akun TikTok milikmu? Hal ini biasa terjadi apabila baru mengubahnya belum lama ini. Saat klik menu Tanggal Lahir, mungkin saja kamu mendapatkan notifikasi seperti ini:

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok

Adakah cara mengubah tanggal lahir di TikTok lainnya yang dapat dilakukan? Jangan khawatir, ada satu solusi yang bisa kamu coba dengan mengirimkan tiket dukungan. Ini semacam membuat laporan atas masalah yang dihadapi kepada tim TikTok. 

Dengan membuat laporan tersebut, diharapkan TikTok mau membantumu untuk mengganti tanggal lahir akun TikTok yang salah. Cara mengirimkan laporan ke tim dukungan TikTok bisa kamu ikuti dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Masuk ke bagian Profil akun TikTok milikmu. 
  • Setelah itu, ketuk tanda garis tiga di kanan atas, kemudian pilih menu Pengaturan dan privasi. 
  • Dari halaman Pengaturan ini, geser menu ke bawah. 
  • Selanjutnya, pilih fitur Laporkan Masalah. 
Related  Cara Melihat ID TikTok (User ID bukan Username)

  • Di bagian ini kamu akan mendapati berbagai topik dan solusi yang sering jadi permasalahan pengguna TikTok. Tapi karena permasalahanmu tidak ada di topik tersebut, gulir lagi layar ke bawah dan klik tombol Kirim Laporan. 

  • Berikut ini tampilan tiket dukungan yang harus kamu isi. 

  • Untuk kolom deskripsi, sampaikan masalahmu dan minta solusi dari tim TikTok. Kamu dapat menuliskan laporan dengan kalimat seperti ini: “Halo, tim dukungan TikTok. Saat ini usia saya sudah lebih dari 18 tahun, tapi saat mendaftar memasukkan tanggal lahir yang salah. Tolong bantu untuk mengubah tanggal lahir saya di akun TikTok @username, supaya bisa menggunakan fitur di TikTok.”
  • Agar lebih yakin, kamu dapat mengirimkan bukti foto atau video. Contohnya identitas diri atau foto selfie. Dengan foto selfie tersebut, tim TikTok dapat melakukan identifikasi wajah dan memastikan kamu benar-benar berusia di atas 18 tahun. 
  • Setelah semua selesai, tekan tombol Kirim. Sekarang tinggal menunggu respon dan balasan dari tim dukungan TikTok. 

Untuk Apa Mengubah Tanggal Lahir di TikTok? 

Sebagai pengguna TikTok, kamu harus mengikuti peraturan dan Pedoman Komunitas yang telah ditetapkan. Ini merupakan hal yang penting. Karena untuk mendaftar TikTok pun kamu harus berusia minimal 14 tahu. Kalau tidak, maka berpotensi akun di-banned secara permanen. 

Bukan itu saja alasan diharuskannya kamu mengganti tanggal lahir yang benar. Dengan usia yang sesuai, TikTok akan berusaha menampilkan konten yang sesuai. Kamu pun bisa menggunakan fitur-fitur yang hanya tersedia bagi pengguna di atas 18 tahun. 

Contoh fitur tersebut antara lain melakukan siaran langsung jika punya followers lebih dari seribu. Selain itu, kamu dapat bergabung dalam program affiliate untuk menghasilkan banyak komisi. Pencairan komisi pun hanya bisa dilakukan jika usiamu lebih dari 18 tahun. 

Demikianlah cara mengubah tanggal lahir di TikTok yang benar. Kamu dapat mengubahnya untuk menikmati fitur-fitur yang hanya tersedia bagi pengguna di atas 18 tahun. Pastikan menginput tanggal yang benar, karena setelah itu tidak bisa diubah kembali dalam waktu dekat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top