Cara Mendapatkan Endorse di TikTok

7 Cara Mendapatkan Endorse di TikTok: yang Sangat Mudah

GEMATOS.ID | Bagi pemilik bisnis, kepopuleran TikTok menjadi media yang tepat untuk melakukan promosi. Sedangkan bagi kreator bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Salah satunya dengan cara mendapatkan endorse di TikTok jika memenuhi persyaratan. 

Endorse adalah cara promosi yang dilakukan oleh pihak lain. Dalam aktivitas tersebut, terjadi kerja sama antara pemilik bisnis dan artis atau tokoh yang berpengaruh untuk mempromosikannya. Kalau kamu termasuk sebagai orang yang berpengaruh di TikTok, sangat bisa mendapatkan endorse. 

Tapi, bagaimana buat kamu yang baru pemula menjadi content creator? Apakah kesempatan untuk mendapatkan endorse sudah tertutup sebab belum jadi orang yang berpengaruh? Jangan berkecil hati, karena ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan endorse di TikTok. 

Apa Itu Endorse? 

Endorse atau endorsement adalah bentuk periklanan yang dilakukan oleh tokoh terkenal yang diakui dan dipercaya oleh orang-orang. Tokoh tersebut menjadi endorser yang tugasnya mempromosikan produk miliki klien. Tentunya dengan tujuan agar masyarakat merasa tertarik dan mau menggunakan produk tersebut. 

Teknik iklan dengan cara endorse ini banyak dilakukan lewat media sosial, seperti TikTok. Mengingat platform tersebut memiliki banyak pengguna, maka jadi media yang tepat untuk mempromosikan produk. Terlebih lagi kalau mengikuti tren di TikTok yang terus berubah-ubah. 

Proses kerja dari iklan ini dimulai dari kerja sama yang terjalin antara suatu merek atau toko tertentu dengan endorser. Ketika sudah terjalin kesepakatan, maka endorser membuat sebuah konten, biasanya berupa video untuk mempromosikannya. Video dapat berisi ulasan mengenai produk tersebut dan memaparkan keunggulannya. 

Related  9 Cara Menghapus Akun TikTok Permanen yang Benar

Cara mengiklankan produk tersebut dapat dilakukan secara terang-terangan atau natural (soft selling). Ini kembali lagi pada kesepakatan antara pemilik produk dan kreator. Yang pasti, penyajian iklan sesuai ciri khas kreator, sehingga tidak terlihat memaksa. 

Apakah ada kriteria khusus dalam melakukan endorse? Sebenarnya masing-masing merek punya indikator sendiri. Tapi yang pasti, dipilih kreator TikTok yang punya banyak pengikut dan dipercayai followers-nya. Dengan begitu, pengguna lain pun merasa yakin untuk mencoba dan memakai produk tersebut. 

Ada banyak manfaat dari melakukan endorse terhadap suatu produk. Bagi pemilik bisnis, beberapa manfaat yang dirasakan yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness atau kesadaran terhadap produk. 
  • Endorsement dapat meningkatkan angka penjualan produk. 
  • Kredibilitas produk otomatis akan naik ketika sukses melakukan kerja sama dengan tokoh terkenal dan dipercaya. 
  • Mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas, yakni para pengikut dari endorser. 
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan. 

Sedangkan bagi kreator, mendapatkan endorse pastinya memberikan keuntungan dari segi finansial. Karena setiap kali melakukan promosi, ada kontrak dengan pemilik produk. Selain itu, juga membuka kesempatan untuk mencoba berbagai produk secara cuma-cuma. Kalau endorse-nya di TikTok berdampak bagus, tidak menutup kemungkinan mendapatkan kontrak yang lain. 

Cara Mendapatkan Endorse di TikTok

Cara Mendapatkan Endorse di TikTok
Mendapatkan Endorse di TikTok

Kamu tertarik untuk menjadi endorser di TikTok dan mendapatkan uang darinya? Tentunya tidak bisa kamu lakukan secara instan. Ada proses yang cukup panjang, hingga mendapatkan kepercayaan dari followers dan memanfaatkannya sebagai media promosi. 

Sebenarnya siapa pun bisa jadi endorser. Namun ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Berikut ini diberikan tips dan cara mendapatkan endorse di TikTok hingga bekerja sama dengan merek besar:

1. Membuat Akun TikTok yang Menarik

Cara pertama yang wajib kamu lakukan agar mendapatkan endorse yaitu membuat akun TikTok yang menarik. Sebagai kreator, kamu harus memiliki ciri khas yang mampu menarik atensi para pengguna. Tuliskan bio profil dan nama yang bagus. Dengan begitu memberikan peluang untuk dilirik oleh brand maupun toko tertentu. 

Related  Cara Mengetahui Penghasilan TikTok dari Berbagai Sumber

Tapi tidak cukup menarik saja. Kamu pun harus mengunggah konten secara konsisten. Paling tidak, buat jadwal tetap untuk menghadirkan konten-konten baru kepada pengikutmu. Cara ini membuat videomu menjadi FYP dan dikenal oleh banyak orang. 

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Cara Mendapatkan Endorse di TikTok

Cara mendapatkan endorse di TikTok selanjutnya yaitu membuat konten yang berkualitas. Kualitas yang dimaksudkan itu mulai dari segi penyampaian, isi konten, hingga resolusi video. Pemilik brand pasti mencari kreator yang kontennya enak ditonton dan mendapatkan banyak dukungan dari pengikutnya. 

3. Meningkatkan Jumlah Followers

Ini merupakan kunci utama agar kamu bisa mendapatkan endorse di TikTok. Pasalnya, brand pasti mengincar akun-akun yang punya banyak pengikut. Memang tidak ada jumlah pasti berapa batas followers yang dapat menerima endorse. Tapi setidaknya lebih dari 1000 followers dengan engagement yang bagus. 

Sebagai pengguna baru, tentu ini jadi PR penting buatmu. Dapatkan followers secara alami, bukan dengan cara beli atau pakai akun bot. Sebab engagement membuktikan keaslian pengikut tersebut. Jumlah pengikut yang banyak pasti ada interaksi yang terjadi, baik dari like, komentar, maupun share

4. Memberikan Service Gratis

Cara mendapatkan endorse di TikTok yang keempat yaitu dengan memberikan service gratis. Caranya yaitu dengan memberikan konten edukatif yang berhubungan dengan keahlian. Contohnya memberikan tutorial atau mereview produk secara gratis. Konten seperti ini cukup efektif untuk dikenal brand tertentu. 

5. Menciptakan Reputasi yang Positif

Cara Mendapatkan Endorse di TikTok

Pencitraan sering kali dikaitkan dengan hal-hal negatif. Padahal, pencitraan perlu dilakukan ketika kamu ingin mendapatkan endorsement di TikTok. Dengan citra atau image yang positif, maka pemilik brand merasa yakin untuk menggunakan jasamu. 

Reputasi positif tidak hanya menaikkan namamu saja, tapi juga meningkatkan nilai produk yang ditawarkan. Dengan begitu memberikan kepercayaan kepada pemilik brand itu sendiri dan pengikutmu. Reputasi tersebut dapat dilihat dari bagaimana followers memberikan komentar. Kalau tidak ada komentar negatif ataupun cacian, maka kamu berhasil menciptakan image yang bagus.

Related  2 Cara Live Mobile Legend di TikTok: Tanpa 1000 Followers

6. Melakukan Live Streaming

Cara mendapatkan endorse di TikTok yang selanjutnya yaitu dengan sering melakukan live streaming. Ini merupakan salah satu fitur di aplikasi TikTok yang dapat kamu manfaatkan. Karena dalam siaran tersebut, pemilik produk bisa menilai secara langsung bagaimana kemampuanmu dalam menyampaikan informasi. 

Keahlian tersebut dibutuhkan oleh semua brand dalam melakukan pengiklanan. Pasti mereka mencari kreator TikTok yang bisa menawarkan produk secara baik dan menarik perhatian audiens. Selain itu, ulasan mengenai suatu produk akan lebih mudah dipahami oleh audiens

Dan ini dapat kamu latih dengan sering melakukan live streaming. 

7. Menawarkan Harga yang Wajar

Cara Mendapatkan Endorse di TikTok

Memang tujuan dari endorse untuk menghasilkan uang. Tapi buat kamu yang baru mulai mencoba, sebaiknya tawarkan dengan harga yang wajar. Jangan langsung memasang harga tinggi, karena bisa membuat pemilik merek lari dan tidak mau melanjutkan kerja sama. 

Di sini kamu tidak perlu khawatir mendapatkan penghasilan sedikit. Karena dengan berjalannya waktu, akun TikTok-mu semakin dikenal dan membuat peluang endorsement yang lebih banyak. Kamu pun dikenal sebagai influencer populer hingga bisa menawarkan harga yang tinggi. 

Jadi, itulah beberapa tips dan cara mendapatkan endorse di TikTok buat pemula. Untuk menarik perhatian pemilik brand, kamu harus membangun akun dengan konten-konten yang menarik. Semakin dikenal dengan reputasi positif, maka berkesempatan mendapatkan endorse lebih banyak. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top