Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Dengan perkembangan teknologi yang pesat dan kebutuhan masyarakat saat ini yang membutuhkan koneksi internet untuk beraktfitas sehari-hari, maka banyak inovasi teknologi yang hadir seperti halnya muncul WiFi sebagai salah satu alat yang memenuhi kebutuhan manusia dalam hal jaringan internet, cara mempercepat koneksi WiFi juga perlu untuk diketahui supaya kamu bisa menggunakan internet dengan lebih opstimal lagi.

Teknologi-teknologi yang hadir pada masa sekarang ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, karena dengan adanya inovasi-inivasi teknologi akan mempermudah pekerjaan manusia.

Seperti halnya saat berkomunikasi, jika pada masa dulu sebelum smartphone hadir untuk berkomunikasi harus menggunakan surat, atau setelah handphone hadir masyarakat sudah menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi jarak jauh yaitu dengan menggunakan handphone dan mengandalkan pulsa untuk bisa terhubung dengan orang lain.

Namun pada saat sekarang ini smartphone telah hadir yang memberi lebih banyak kemudahan, kamu sudah bisa berkomunikasi menggunakan handphone tanpa harus memiliki pulsa. Yaitu dengan menggunakan jaringan internet.

Jaringan internet saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi namun juga bisa untuk mengakses berbagai sosial media dan mengakses informasi yang telah diuploud di internet. Sedangkan untuk pengertian internet sendiri adalah jaringan komunikasi yang mengubungkan satu media eketronik dengan media lainnya.

Untuk bisa mendapatkan jaringan internet kamu membutuhkan perangkat elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel atau gelombang radio dan perangkat ini biasa disebut dengan WiFi. Sedangkan perangkat eleoktronik yang bisa menggunakan WiFi adalah komputer, smartphone, tablet dan pemutar audio digital.

Dengan adanya kemudahan mendapatkan koneksi internet inilah, banyak masyarakat memilih menggunakan WiFi untuk memudahkan tersambung dengan internet. Namun permasalahan koneksi lambat pada jaringan WiFi juga kerap terjadi. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa hal dan kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara.

Faktor Penyebab Koneksi WiFi Lambat

Sebelum kamu mengatasi permasalahan koneksi WiFi yang lambat kamu harus mengatahui terlebih dahulu faktor penyebab koneksi WiFi menjadi lambat. Berikut ini beberapa faktor penyebab koneksi WiFi lambat :

Related  Cara Berbagi Kata Sandi WiFi di HP Xiaomi Pakai Kode QR

1. Posisi Raoter Bermasalah

Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab jaringan WiFi menjadi lambat adalah karena posisi router yang tidak sesuai. Karena router ini tidak bileh diletakan dengan sembarang karena jika kamu menempatkannya dilokasi yang tidak sesuai seperti dilantai, dirunga tertutup ataupun didekat barang elektronik lain maka akan menyebabkan jaringan atau koneksi WiFi menjadi lambat.

2. Kabel LAN Terputus

Selanjutnya faktor kedua yang juga bisa menjadikan koneksi WiFi menjadi lambat adalah karena kabel LAN terputus. Jaadi sebelum kamu menggunakan WiFi kamu harus memeriksa keadaan kabel LAN terlebih dahulu, kamu harus memastikan bahwa kabel LAN terpasang dengan baik sehingga tidak akan menggangu sinyal WiFi.

3. Kapasitas Pengguna WiFi Berlebihan

Faktor yang satu ini adalah penyabab umum jaringan WiFi menjadi lambat yaitu karena terlalu banyak pengguna WiFi sehingga akan berpengaruh terhadapat kecepatan internet. Permasalah satu ini sering terjadi ditempat umum seperti di restoran, ataupun di Mall.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi
Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Pada pembahasan artikel sebelumnya kita membahas mengenai cara memperbarui YoWhatsApp, dan sekarang kita akan membahas mengenai cara mempercepat koneksi WiFi. Jika kamu merasa kecepatan internet kamu lambat saat menggunakan jaringan WiFi kamu bisa mencari tahu dulu penyebab kenapa koneksi WiFi yang kamu gunakan bisa lambat.

Jika kamu sudah menemukan penyebab koneksi WiFi lambat, kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mempercepat koneksi WiFi yang sedang kamu gunakan supaya kamu bisa menggunakan jaringan internet dengan lancar dan tidak lemot. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mempercepat koneksi WiFi :

1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk memperkuat jaringan WiFi adalah dengan menggunakan aplikasi yang memiliki layanan penguat sinyal. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencoba memperkuat sinyak koneksi WiFi seperti aplikasi WiFi Manager, WiFi Signal Booster dan masih banyak lagi untuk mempercepat jaringan WiFi menggunakan smartphone.

Dari berbagai aplikasi yang berfungsi untuk mempercepat jaringan WiFi tersebut kamu bisa menemukan berbagai fitur untuk memperkuat sinyal WiFi. Dari berbagai fitur yang ada biasanya ada fitur Boost yang memiliki fungsi untuk memperkuat WiFi yang sedang kamu gunakan. Dari berbagai aplikasi yang sudah disebutkan diatas kamu bisa memilih mana yang ingin kamu coba di smartphone kamu.

Related  3+ Cara Berbagi WiFi di HP Xiaomi: Mudah (dengan Gambar)

2. Periksa Antena Router

Cara berikutnya untuk mempercepat jaringan WiFi adalah kamu harus memeriksa posisi antena router. Router WiFi umumnya memiliki dua natena yang berada di belakang yang berfungsi untuk menangkap sinyal.

Kamu bisa memanfaatkan antena router ini untuk mempercepat koneksi WiFi dengan cara mengubah arah salah satu dari kedua antena tersebut. Dan yang perlu kamu perhatikan kamu harus menghindari Router WiFi terletak di tanah atau dilantai karena bisa menyebabkan sinyal WiFi menjadi lambat.

3. Lakukan pemeriksaan pengaturan WiFi di Smartphone

Selanjutnya kamu juga bisa memeriksa pengaturan jaringan WiFi di smartphone yang kamu gunakan. Caranya masuk ke menu Pengaturan, kemudian kamu bisa pilih opsi WiFi dan pilih advanced setting jika sudah kamu bisa memilih jaringan WiFi yang terdapat disekitar kamu dan pilih jaringan WiFi dengan kualitas sinya kuat. Sehingga kamu bisa menggunakan internet secara lancar.

4. Ganti Router WiFi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi yaitu dengan cara menganti router WiFi milik kamu. Karena salah satu penyebab koneksi internet lelet adalah karena router yang sudah tidak mendukung lagi.

Jika router yang kamu gunakan sudah lama maka akan sering terjadi jaringan internet memburuk yang berakibat koneksi WiFi menjadi lambat. Jadi kamu bisa menghubungi  teknisi WiFi yang kamu gunakan agar menganti router WiFi kamu.

5. Lakukan Speed Test 

Cara keempat yang dapat kamu coba dalah dengan melakukan speed test pada perangkat yang kamu gunakan. kamu dapat melakukan speed test menggunakan pada perangkat yang kamu gunakan untuk mengetahui koneksi internet mana yang buruk.

6. Berikan Password Pada WiFi 

Selanjutnya seperti yang kamu tahu penyebab umum koneksi WiFi lambat adalah karena ada banyak orang yang menggunakan WiFi. Oleh karena itu kamu bisa mencegah hal ini terjadi dengan memberikan password pada WiFi kamu sehingga tidak semua orang bisa menggunakan WiFi kamu dengan bebas yang menyebabkan koneksi WiFi menjadi lambat.

Related  Cara Ganti Password WiFi

Kamu bisa mengatur password yang rumit dan menjadi password secara rutin untuk menghindari terjadinya password WiFi kamu diketahui orang lain seperti tetangga kamu. Atau kamu juga bisa mengaktifkan Broadcast SSIB pada pengaturan WiFi.

7. Menambah Perangkat WiFi Repeater

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mempercepat jaringan WiFi yang kamu gunakan adalah dengan menambahkan WiFi Repeater, alat ini berfungsi untuk meneruskan  jaringan internet dari router asalh sehingga jangkauan jaringan menjadi lebih luas dan jaringan internet menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa kamu coba untuk mempercepat jaringan WiFi sehingga kamu bisa menggunakan internet dengan lebih cepat dan tidak akan ada lambat lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

error:
Scroll to Top