Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

5+ Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi yang Paling Baru

GEMATOS.ID | Baterai merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat seluler. Jika kondisinya bagus, maka ponsel dapat bekerja maksimal. Karena itulah, cari tahu bagaimana cara cek kesehatan baterai Xiaomi dan memastikannya tetap baik-baik saja. 

Mengecek kondisi baterai bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa melihatnya secara langsung melalui menu yang ada di perangkat maupun beberapa aplikasi tambahan. Nantinya informasi yang didapatkan bisa menjadi acuan agar lebih aware terhadap kesehatan baterai. 

Apalagi menjaga performa baterai bisa menentukan usia perangkat. Jika dayanya maksimal, kamu pun bisa menggunakan ponsel untuk menyelesaikan pekerjaan lebih lama. Langsung saja cek cara melihatnya berikut ini dan beberapa tips untuk menjaga kondisi baterai agar tetap sehat. 

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi
Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Seperti yang dijelaskan jika kamu bisa melihat sehat tidaknya baterai dengan sangat mudah. Melalui informasi yang diberikan, dapat menentukan apakah perangkat sudah saatnya diperbaiki atau tidak. Di bawah ini adalah beberapa cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang dapat kamu coba:

Cara 1. Cek Lewat Menu Setelan ✅

Cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang pertama yaitu lewat menu Setelan. Namun informasi ini tidak langsung ada di menu tersebut. Kamu harus mencarinya dengan cara khusus yang mungkin masih banyak pengguna HP Xiaomi yang belum tahu. 

Membuat File Bug

Xiaomi sendiri jadi salah satu ponsel yang indikator battery health-nya terintegrasi langsung dalam Setelan. Itulah kenapa tidak perlu aplikasi ketiga. Nantinya kamu harus buka file yang digunakan untuk set up perangkat agar tahu kapasitas baterai dan kondisinya. Caranya sebagai berikut:

  • Buka menu Setelan HP Xiaomi. 
  • Kemudian masuk ke bagian Tentang Telepon. 
Related  Cara Cek No Telkomsel yang Benar

  • Setelah itu, kamu buka menu Keseluruhan Spesifikasi. 

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

  • Langkah berikutnya yaitu membuat laporan bug. Tenang saja, cukup klik menu CPU sebanyak lima kali. 

  • Jangan lupa tekan tombol Setuju untuk membuat laporan. Kemudian tunggu prosesnya berjalan yang memerlukan waktu beberapa saat. 
  • Apabila sudah mendapatkan notifikasi jika laporan bug berhasil dibuat, sekarang kamu buka berkasnya lewat File Manager. 
  • Biasanya file tersebut diawali dengan nama bugreport dan diikuti dengan tanggal pembuatannya.
  • Ekstrak dulu file laporan bug itu, karena masih berformat ZIP. 
  • Ekstrak sekali lagi file ZIP yang ada dalam folder. 
  • Setelah itu, kamu buka file bugreport dengan format TXT. 

  • Gunakan pencarian untuk menemukan tulisan “healthd
  • Lalu cek selanjutnya sampai kamu menemukan “fc” seperti di bawah ini. Kapasitas bateraimu saat ini ada di sebelah teks fc.

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Membandingkan dengan Kapasitas Baterai Awal

Untuk saat ini, HP Redmi 10A yang digunakan tersebut memiliki kapasitas baterai sebesar 5071000 atau sekitar 5.000 mAh. Agar tahu apakah kondisi baterai sehat atau tidak, bandingkan dengan kapasitas baterai awal. Redmi 10A sendiri dalam kondisi baru dibekali dengan kapasitas 5.000 mAh juga.

Jika melihat data tersebut, maka bisa dikatakan kalau performa baterai masih bagus dan sehat. Selain itu, kamu juga dapat menghitungnya dengan rumus ini: (Kapasitas saat ini/kapasitas saat baru) × 100%. Apabila hasilnya di bawah 70 persen, mungkin harus lebih aware karena baterai mulai menurun. 

Cara 2. Cek Menggunakan Kode ✅

Cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang kedua yaitu dengan kode rahasia. Kenapa ini disebut rahasia? Karena ternyata masih banyak juga pemilik HP Xiaomi yang tidak mengetahuinya. Padahal lewat kode tersebut ditampilkan informasi baik atau tidaknya baterai saat ini. Cara mengeceknya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telepon di HP. 
  • Kemudian input kode *#*#6485#*#*
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke dalam halaman battery info. 
  • Informasi di sana ditampilkan dalam bentuk kode huruf dan angka. 
  • Cek di bagian MB_06. Apabila bertuliskan Good, berarti bateraimu masih dalam kondisi bagus. Sedangkan MB_01 menunjukkan persentase pengisian daya jika pada saat itu sedang kamu charging
Related  5 Cara Cek Tipe HP Xiaomi Sendiri dengan Kode IMEI Semua Tipe

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara 3. Cek Menggunakan Aplikasi CPU Z ✅

Kalau cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang ketiga ini memanfaatkan aplikasi bernama CPU Z. Sebenarnya dulu aplikasi tersebut berjalan untuk perangkat komputer. Namun saat ini tersedia versi mobile dan dapat digunakan pada HP Xiaomi. 

CPU Z sangat mudah digunakan. Kamu cukup instal aplikasinya, maka semua informasi terkait perangkat dapat kamu akses. Termasuk melihat status baterai saat ini. User interface-nya sederhana, sehingga gampang dipahami. Cara memakainya seperti di bawah ini:

  • Download dulu aplikasi CPU Z dari Plat Store. 
  • Kemudian buka aplikasinya setelah selesai kamu instal. 
  • Masuk ke menu BATTERY
  • Untuk melihat kondisi baterai, lihat di bagian Health. Apabila keterangannya Good, maka kondisinya masih bagus. Kamu juga dapat cek temperatur baterai dan informasi lainnya

Cara 4. Cek Menggunakan Aplikasi Electron ✅

Electron merupakan aplikasi gratis lainnya yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa statistik dan kesehatan baterai. Cara cek kesehatan baterai Xiaomi pakai Electron sangat mudah. Informasi yang ditampilkan juga lengkap, terlebih dengan tampilan aplikasi yang clean dan mudah dibaca. Seperti inilah cara menggunakannya:

  • Instal dulu aplikasi Electron dari Play Store. 
  • Setelah itu buka aplikasinya. 
  • Dalam menu General, kamu akan langsung dapat informasi Battery Health di bagian atas.
  • Apabila bertuliskan Good berarti baterai dalam kondisi sehat. 

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

  • Kamu juga dapat melihat informasi level baterai, temperatur, maupun proses charging yang berjalan. 

Cara 5. Melihat Baterai Secara Langsung ✅

gematos.id

Cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang terakhir ini berbeda dari cara-cara sebelumnya. Bukan melihat kondisi dari dalamnya, tapi kamu dapat cek bagian fisiknya. Dengan melihatnya secara langsung, kamu dapat memperkirakan apa yang jadi penyebab performa baterai turun padahal secara statistik baik-baik saja. 

Related  2 Cara Cek Gaji Tiktok Sebagai Kreator atau Affiliate Super Mudah

Pengecekan pertama yaitu dengan melihat tanda-tanda yang muncul ketika ponsel digunakan. Contohnya saat kamu pakai, baterai cepat panas. Bahkan tanpa kamu gunakan sekalipun daya yang awalnya penuh berkurang cukup banyak. 

Tanda lainnya yaitu HP mulai lama diisi daya dan cepat habis. Karena baterai cepat habis, maka kamu memerlukan pengisian beruang kali, bahkan sampai 2—3 kali sehari. Untuk melihatnya, coba buka casing belakang HP Xiaomi. Lalu cek apakah baterainya masih normal atau sudah kembung. Kalau ternyata cukup parah, sebaiknya diganti dengan yang spesifikasi yang sama. 

Cara Menjaga Kesehatan Baterai Xiaomi

Bagaimana jika lewat cara cek kesehatan baterai Xiaomi di atas kondisinya masih baik-baik saja? Apakah kamu dapat tenang dan terus menggunakan perangkat tanpa perawatan? Tindakan tersebut kurang bijak, karena sebagai pemilik HP, sudah seharusnya untuk menjaga performanya agar tidak cepat turun. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga baterai Xiaomi agar tetap sehat:

  • Isi daya HP dan charger yang ori dan kompatibel. 
  • Lakukan pengisian daya sesuai kebutuhan. Jangan membiarkan charger tetap tersambung padahal sudah penuh. 
  • Lebih baik cas sampai 80% agar baterai tetap stabil. 
  • Jangan menempatkan HP di tempat yang panas atau terkena matahari langsung. 
  • Tidak menggunakan HP sambil diisi daya. 

Itulah beberapa cara cek kesehatan baterai Xiaomi. Kamu bisa mengeceknya secara langsung lewat fitur yang ada di HP Xiaomi. Selain itu ada aplikasi pihak ketiga yang dapat mendeteksi performa baterai saat ini. 

error:
Scroll to Top