Cara Mengedit Caption di TikTok

Cara Mengedit Caption di TikTok yang Salah Itu Begini

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu keliru memberikan caption saat mem-posting foto atau video di TikTok? Daripada pengguna lain salah paham, sebaiknya ketahui bagaimana cara mengedit caption di TikTok. Jadi, tidak perlu menghapus postingannya dan mengunggah dari awal. 

Caption merupakan teks tambahan yang terletak di bawah foto atau video. Buka hanya untuk menyertai postingan saja, tapi teks yang bagus berpeluang meningkatkan jumlah like. Ketika banyak yang suka dan menonton, maka konten bisa masuk FYP. 

Ketika salah menulis caption, jangan buru-buru menghapus postingan tersebut. Itu akan membuatmu kerja dua kali karena harus meng-upload ulang. Agar lebih praktis dan sesuai dengan kemauanmu, edit teks tersebut dengan cara yang dijelaskan di bawah ini. Termasuk tips buat caption yang bagus agar konten jadi FYP.

Apa itu Caption di TikTok? 

Tapi sebelum menerangkan cara mengedit caption di TikTok, ada baiknya untuk paham dulu mengenai hal ini. Caption adalah sebuah teks yang ditambahkan pada foto atau video dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait konten. Pada umumnya, bentuk caption itu singkat dan jelas. 

Sebenarnya caption text sudah ada sejak dulu, sebelum munculnya media sosial seperti TikTok sekarang ini. Teks tersebut digunakan dalam majalah ataupun koran. Tujuannya sama, yakni menjelaskan gambar maupun grafik yang tercantum di koran. 

Related  2 Cara Duet di Tiktok, Satu Layar (Karaoke dan Live Streaming)

Membuat caption tidak bisa sembarangan. Ada struktur yang penting untuk kamu ketahui. Karena selain umumnya pendek dan jelas, caption pun harus relevan dengan isi konten. Jadi, orang yang melihat postingan tersebut pertama kali akan langsung paham dengan maksud yang disampaikan dalam konten. 

Jenis-jenis caption yang digunakan dalam media sosial seperti TikTok bermacam-macam. Tergantung pada topik dan tujuan pembuatan konten, di antara jenis caption text yaitu:

  • Identification bar untuk menjelaskan objek yang terdapat dalam foto tanpa menerangkan cerita sebenarnya. Biasanya kalau di foto hanya ada satu orang. 
  • Group identification sama-sama menjelaskan siapa yang ada dalam foto, tapi lebih dari satu orang. 
  • Cutline yang menjelaskan siapa yang terdapat dalam postingan berikut apa yang dilakukannya. 
  • Summary. Jenis caption yang memuat informasi lebih lengkap, mulai dari siapa yang ada dalam postingan, yang dilakukan, kapan, dan di mana tempat terjadinya. 
  • Expanded. Kalau jenis ini, informasinya paling lengkap, karena bisa saja menyertakan kutipan dari narasumber tertentu. 
  • Quote. Caption inilah yang paling banyak digunakan. Quotes merupakan kata-kata bijak yang dikutip dari orang lain. Menambahkan quote dalam konten menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna lain. 

Sifat caption text itu ada yang sekedar mendeskripsikan konten, contohnya menerangkan spesifikasi barang dalam video. Ada juga yang  bersifat call to action, sehingga muncul tindakan bagi orang lain setelah membacanya. Terdapat pula caption personalisasi untuk membangun hubungan emosional dengan para pengikutmu. 

Bisakah Mengedit Caption di TikTok? 

Membuat kesalahan dalam menulis caption merupakan hal yang umum terjadi. Contohnya, melakukan kesalahan ketik atau typo, salah menggunakan emoticon, maupun ada tagar yang tidak relevan. Bisa juga kamu sudah terlanjur buat caption, namun masih kurang bagus. 

Related  4 Cara Download Lagu di Tiktok, Tanpa Aplikasi Anti Gagal

Untuk semua permasalahan tersebut, sebenarnya tidak perlu panik dan bingung. Karena di aplikasi TikTok terdapat fitur untuk mengedit postingan, terutama caption. Jadi, kalaupun ada kesalahan bisa langsung kamu perbaiki saat itu juga. 

Syarat Mengedit Caption di TikTok

Memang kamu dapat memperbaiki kesalahan dengan cara mengedit caption di TikTok. Tapi ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan. Berikut ini adalah syarat-syarat mengedit teks tambahan dalam foto dan video di TikTok:

1. Tidak Lebih dari 4.000 Karakter

Kamu dapat membuat menuliskan informasi yang lengkap ke dalam foto atau video. Dengan syarat kalau deskripsi tersebut tidak lebih dari 4.000 karakter. Karakter ini termasuk huruf, angka, simbol, dan spasi yang digunakan dalam teks. 

2. Tidak Lebih dari Tujuh Hari

Syarat selanjutnya, caption yang salah masih bisa diedit kalau belum lewat tujuh hari. Jadi, kamu hanya dapat memperbaiki deskripsi untuk postingan yang baru. Sedangkan konten-konten lama yang lebih dari tujuh hari, sudah tidak bisa diperbaiki lagi. 

3. Sehari Hanya Satu Kali

Pernahkah berkali-kali kamu salah membuat caption? Perlu diingat, bahwa dalam sehari kamu hanya diberi kesempatan untuk mengeditnya sebanyak satu kali. Kalau memang ada kesalahan, bisa diarsipkan dulu agar tidak dilihat pengguna lain. Baru besoknya diedit dan dipublikasikan lagi. 

Cara Mengedit Caption di TikTok

Cara Mengedit Caption di TikTok
Cara Mengedit Caption di TikTok

Kamu harus tahu, bahwa cara mengedit caption di TikTok itu bukanlah pekerjaan sulit. Fiturnya sudah tersedia dan dapat kamu gunakan untuk memperbaiki tipo dalam teks. Tentunya dengan tiga syarat yang telah dijelaskan di atas. Jika ingin mengeditnya, ikuti langkah-langkah seperti berikut ini. 

Langkah 1. Buka Menu Profil di TikTok

Langkah yang pertama yaitu membuka bagian Profil di aplikasi TikTok. Buka aplikasinya dan pastikan sudah login. Kemudian ketuk menu Profil yang ada di kanan bawah. Menu ini ditandai dengan ikon bergambar orang. 

Related  9 Cara Download Video Tiktok Jadi MP3, Mudah & Recommended

Langkah 2. Cari Postingan yang Ingin Diedit

Di halaman Profil ini, kamu akan melihat semua konten yang pernah dibuat. Sekarang, cari dan pilih foto atau video mana yang ingin diedit caption-nya. Pastikan postingan tersebut tidak lebih dari tujuh hari. 

Langkah 3. Tekan Tanda Titik Tiga

Berikut ini cara mengedit caption di TikTok yang ketiga. Setelah postingannya terbuka, akan muncul berbagai menu di sebelah kanan. Tekan tanda titik tiga vertikal seperti di atas. 

Langkah 4. Buka Fitur Edit Postingan

Cara Mengedit Caption di TikTok

Langkah selanjutnya, geser bagian menu ke sebelah kanan. Kemudian pilih fitur Edit Postingan untuk mengubah teks yang salah. 

Langkah 5. Ubah Caption yang Salah

Inilah cara mengedit caption di TikTok dan memperbaiki tipo atau salah pakai emoji dan tagar. Caranya yaitu:

  • Tekan kotak tempat caption saat ini. 

  • Setelah itu, hapus teks dan ganti dengan caption yang kamu inginkan. 
  • Perbaiki tagar jika diperlukan. 
  • Cek sekali lagi dan tekan Selesai

Cara Mengedit Caption di TikTok

  • Jika sudah yakin benar, tekan tombol Simpan. Ingat, kamu hanya bisa mengubahnya sekali dalam satu hari. 

  • Caption tidak akan langsung berubah. Tapi kamu perlu menunggu peninjauan terlebih dahulu dari TikTok. 

Tips Membuat Caption di TikTok

Caption merupakan salah satu hal yang penting agar konten masuk FYP, mendapatkan banyak like, dan ditonton berulang kali. Oleh karena itu, jangan asal membuat teks deskripsi. Agar bagus dan FYP, perhatikan beberapa tips membuat caption berikut ini:

  • Berikan informasi yang relevan dengan isi konten. Jangan sampai menuliskan informasi yang out of topic. 
  • Buat caption yang singkat, tapi bisa menjelaskan keseluruhan isi konten. 
  • Menulis teks yang dapat membuat penonton merasa tertarik dan penasaran. 
  • Kalau kamu membuat caption dalam Bahasa Inggris, perhatikan unsur-unsur kebahasaannya. 
  • Sesuaikan dengan target audiens. 
  • Gunakan call to action jika konten bertujuan mempromosikan produk atau campaign tertentu. 

Begitulah cara mengedit caption di TikTok untuk memperbaiki tipo. Karena jadi komponen yang penting, maka harus memastikan teks sudah benar dan tidak ada salah ketik. Apalagi kalau kesalahannya sampai menimbulkan gagal paham. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top