Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus

2 Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus, Pasti Berhasil

GEMATOS.ID | Adakah cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus? Entah dihapusnya akun itu oleh kamu sendiri atau dari pihak TikTok. Kalau dinonaktifkan sendiri, mungkin masih bisa dikembalikan dengan mudah. Tapi bagaimana jika dihapus oleh pihak TikTok? 

Membuat dan mengembangkan akun TikTok hingga dapat banyak followers itu butuh waktu yang lama. Jadi, tentunya tidak gampang kalau sampai harus membuat akun baru gara-gara akun yang lama terhapus. Terlebih lagi di dalamnya sudah banyak konten dengan jumlah like lumayan. 

Kamu tidak perlu bingung kalau akun TikTok terhapus. Jangan panik dulu! Karena ada cara untuk mengembalikan akun tersebut, sehingga tidak perlu lagi membuat yang baru. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara yang diterangkan di bawah ini. 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus
Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus

Seperti yang disebutkan, bahwa ada kalanya kamu yang menghapus akun sendiri atau dari pihak TikTok. Tentunya untuk kedua hal tersebut memerlukan penanganan yang berbeda. Terlebih lagi ada faktor tertentu yang memerlukan akun itu lagi setelah dihapus. 

Ada persyaratan juga yang harus kamu perhatikan jika ingin mengembalikan akun TikTok yang terhapus. Seperti inilah cara mengembalikan akun yang terhapus sendiri atau dihapus dari TikTok. 

Related  9 Cara Menghapus Akun TikTok Permanen yang Benar

Cara 1. Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus Sendiri

Penjelasan yang pertama adalah cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus sendiri. Maksudnya, dulu kamu sempat menghapus akun tersebut karena alasan tertentu. Tapi di kemudian hari ingin mengembalikannya lagi karena masih ada data penting yang belum diamankan. Bagaimana cara dan persyaratannya? Cek di bawah ini:

Syarat Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus Sendiri

Terlebih dahulu, kamu harus tahu persyaratannya. Ada satu hal penting agar kamu dapat mengembalikan akun yang telah dihapus. Syaratnya yaitu tidak lebih dari 30 hari sejak akun dihapus secara permanen. 

Jadi, ada masa dihapusnya akun secara sementara dan permanen. Kalau mengaktifkannya kembali sebelum 30 hari, maka akun hanya dihapus sementara dan kamu bisa mendapatkan aksesnya kembali. Tapi jika sudah lebih dari 30 hari, maka sistem TikTok akan menghapusnya secara permanen. 

Kalau sudah dihapus permanen oleh TikTok, maka kamu tidak bisa mengembalikannya lagi. Akunmu akan hilang dan username dapat dipakai oleh pengguna lain. Seperti yang diketahui jika username itu bersifat unik dan hanya bisa digunakan oleh satu akun saja. 

Langkah-Langkah Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus Sendiri

Berikut ini cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus sendiri. Ingatlah, bahwa kamu bisa memulihkannya jika belum lewat 30 hari sejak dihapus terakhir kali. Sebenarnya akun tersebut dapat diakses kembali dengan sangat mudah. Ikuti saat langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

Langkah 1. Buka Halaman Login Aplikasi TikTok

Mungkin kamu ingin mengakses akun tersebut di perangkat yang lain? Maka, download dulu aplikasi TikTok dan instal di perangkat yang kamu maksud. Setelah itu, buka halaman login dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi TikTok untuk masuk ke halaman Beranda. 
  • Setelah terbuka, akses menu Profil yang ada di kanan bawah. 
Related  Cara Mengetahui Penghasilan TikTok dari Berbagai Sumber

  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran. Tapi karena sudah punya akun, pilih menu Masuk

Langkah 2. Login ke Akun TikTok

Langkah selanjutnya, pilih metode login dan masuk ke akun milikmu. Berikut ini caranya:

  • Pilih Gunakan nomor telepon/email/nama pengguna. 

  • Setelah itu, masukkan kredensial akun TikTok milikmu.

  • Jika dulu daftar pakai nomor telepon, maka tulis dan tekan Kirim Kode. Tapi kalau kamu pakai email, tulis alamatnya dan klik Lanjutkan. Setelah itu, cek email masuk untuk mendapatkan kode verifikasi. 
  • Tulis kode yang kamu dapatkan setelah memasukkan informasi login akun yang dihapus. 

Langkah 3. Aktifkan Akun Kembali

Nantinya kamu akan menerima notifikasi seperti ini:

  • Di layar muncul informasi bahwa akunmu berstatus nonaktif. Untuk mengembalikannya lagi, tekan tombol Aktifkan Kembali. 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus

  • Selesai. Kamu berhasil mengembalikan akun itu lagi dan bisa digunakan seperti biasanya. 

Cara 2. Mengembalikan Akun yang Terhapus Oleh TikTok

Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus oleh sistem? Untuk hal ini, hanya pihak TikTok yang punya kuasa dan berhak memulihkan akunmu kembali atau tidak. Meski begitu, kamu dapat berusaha untuk mengembalikannya dengan cara seperti di bawah ini. 

Langkah-Langkah Mengembalikan Akun yang Terhapus Oleh TikTok

Satu-satunya cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus oleh sistem yaitu dengan mengirimkan umpan balik. Jadi, kamu harus membuat laporan dan meminta pihak TikTok untuk melakukan peninjauan ulang. Seperti inilah caranya:

Langkah 1. Buka Menu Umpan Balik

Pertama, buka dulu menu umpan balik untuk membuat laporan ke TikTok. Tidak perlu pinjam akun orang lain atau daftar yang baru. Sebab kamu bisa mengakses fitur umpan balik dengan cara berikut ini:

  • Buka halaman login aplikasi TikTok dan tekan ikon tanda tanya yang ada di bagian kiri atas. 
Related  3 Cara Mendapat Gratis Ongkir di TikTok Shop: Belanja Makin Murah

  • Setelah itu, pilih menu Lainnya.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus

  • Di halaman ini, ketuk opsi Perlu Bantuan Lainnya? 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus

Langkah 2. Kirimkan Umpan Balik ke TikTok

Berikutnya akan muncul formulir umpan balik yang harus kamu isi. Di bagian deskripsi, sampaikan laporanmu secara jelas. Contohnya dengan kalimat seperti ini:

Akun Saya tiba-tiba dihapus oleh TikTok dengan alasan karena melakukan pelanggaran. Saya yakin bahwa tidak pernah melakukan pelanggaran tersebut. Oleh karena itu, mohon peninjauan ulang dan memulihkan akun itu kembali. 

Username: @xxxxx

Email: [email protected]

Terima kasih

Selain itu, kamu dapat menyertakan foto atau video jika dibutuhkan. Contohnya menambahkan screenshot akunmu yang dihapus. Setelah selesai, tekan tombol Kirim. Sekarang tunggu balasan dari pihak TikTok. 

Kenapa Akun Dihapus Oleh TikTok? 

Mungkin kamu bingung kenapa tiba-tiba akun dihapus oleh pihak TikTok. Salah satu alasannya karena akunmu melanggar Ketentuan Komunitas TikTok. Baik melanggar ketentuan pembuatan konten, komentar, sering melakukan spam, dan lainnya. 

Sebenarnya kamu akan diberi peringatan ketika melakukan pelanggaran satu kali. Dalam kondisi ini, akun masih dapat diakses. Tapi jika pelanggaran tersebut terus berulang, maka pihak TikTok akan menghapus, bahkan memblokirnya secara permanen. 

Selain itu, akun TikTok dianggap tidak aktif lagi ketika kamu tidak pernah mengaksesnya sama sekali selama 180 hari atau lebih. Misalkan kamu buat akun dan sering mengunggah konten. Tapi karena banyak kesibukan, tidak sempat membukanya hingga enam bulan lebih. 

Setelah masa tersebut, pihak TikTok menganggap akunmu sudah tidak aktif. Hingga kemudian nama pengguna direset dan diganti dengan username numerik acak. Nama milikmu dapat digunakan oleh user lain. Sedangkan, TikTok berhak untuk menghapus akunmu. 

Seperti itulah cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus. Jika kamu sendiri yang menghapusnya, maka dapat mengaktifkan kembali kapan saja. Hanya saja dengan syarat belum lewat 30 hari sejak dihapus. 

Sedangkan kalau akun dihapus oleh pihak TikTok, maka solusinya dengan mengirimkan umpan balik. Buatlah permohonan agar akun diaktifkan kembali. Akan lebih baik jika bisa menyertakan bukti foto atau video, sehingga permintaan disetujui oleh tim TikTok. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top