Cara Cek NISN

Apa saja langkah dan cara cek nisn? Apa guna dan manfaat dari nisn? Untuk kamu yang statusnya masih pelajar, mungkin kamu pernah mendengar istilah NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. Jika belum, mimin bakal bahas sedikit disini ya.

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional, merupakan sebuah kode dari tiap siswa yang mana menandakan jika siswa tersebut terdaftar sebagai murid, di perguruan ataupun sekolah yang mereka tempati.

Dengan adanya NISN, para pelajar bisa tervalidasi sebagai murid yang sah dan masuk dalam database kemendikbud, untuk kebutuhan lain. Jika seorang pelajar atau siswa tidak memiliki NISN, maka hal ini akan berpengaruh pada ijazah yang nantinya akan keluarr.

Sebab, untuk dapat masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, para siswa harus jelas berasal dari sekolah mana dan juga tercatat sebagai murid yang sah di sekolah tersebut. Apabila tidak memiliki NISN, maka hal ini akan menjadi masalah.

Sebenarnya NISN sendiri bisa didapatkan ketika siswa melakukan pendaftaran. Karena pada saat pendaftaran juga, orang tua murid akan menyertakan bebereapa berkas pendukung agar anaknya dapat masuk ke sekolah yang diharapkan. Mulai dari foto copy akta lahir, kartu keluarga, dan lain sebagainya.

Gak cuma itu aja kok, dalam beberapa hal NISN dapat digunakan untuk sekolah agar murid yang berada di sekolah tersebut bisa menerima bantuan dari pemerintah atau BOS yang berguna untuk pembiayaan sekolah untuk murid atau siswa yang kurang mampu.

Cara Cek NISN

Cara Cek NISN
Cek NISN

Selain itu NISN juga menjadi salah satu acuan agar murid atau siswa dapat mengikuti pembelajaran dan Ujian Nasional agar bisa lulus dari sekolah yang ditempati. Maka dari itu, penting banget buat kita tau tentang cara cek nisn untuk mengecek apakan nisn murid atau siswa tersebut valid, atau tidak.

Related  Cara Cek Tagihan Listrik

Setidaknya, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengecek NISN. Seperti

Cara Cek NISN lewat Online

Cara pertama yang paling mudah adalah kamu dapat mengaksess situs dari kemendikbud, untuk melakukan pengecekan NISN. Tapi perlu diingat ya, cara ini hanya bisa dilakukan untuk anak yang sudah memiliki NISN atau sudah masuk ke sekolah yang dituju. Caranya

  1. Buka browser yang ada di smartphone, komputer, atau laptop kalian
  2. Setelah itu, kunjungi situs situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  3. Kemudian, kamu akan langsung di arahkan ke laman pengecekan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional
  4. Disini, kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa data, seperti :
    – Nama Siswa
    – Tempat Lahir
    – Tanggal Lahir
    – Nama Orang tua (ibu)
    – Chapta
  5. Setelah semua data terisi dengan benar, maka kamu bisa langsung mengklik pada tombol lanjutkan

Jika data yang dimasukkan adalah valid, maka akan muncul keterangan lengkap dari data siswa tadi disebelah kanan layar kalian. Dan apabila NISN nya keluar, maka kamu bisa mencatat NISN tersebut untuk melakukan validasi ulang, atau bahkan untuk sekedar memastikan jika murid atau siswa masuk sebagai pelajar yang terdaftar.

Tetapi, apabila terjadi kesalahan atau tidak ada data yang muncul kamu dapat menghubungi pihak sekolah, perihal NISN yang tidak muncul.

Cara Cek NISN lewat Operator Sekolah

Kemudian setelah menggunakan cara pertama tadi dan ternyata data yang dimasukkan adalah valid dan muncul di website NISN Kemendikbud, kamu dapat mengujungi operator sekolah untuk melakukan verifikasi ulang untuk memastikan apakah NISN yang tertera adalah betul dan sama, atau tidak.

Tapi gak cuma itu aja kok. Jika mungkin kamu mengalami kendala ketika melakukan pengecekan NISN secara online, datanglah ke sekolah dan kunjungi TU dari sekolah tersebut. Jelaskan masalah yang kamu alami, dan nantinya pihak operator sekolah akan membantu kamu untuk pengecekan NISN.

Related  Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Kamu bisa menunggu beberapa saat sampai pihak operator sekolah melakukan penegecekan ulang, dan apabila ternyata NISN dari anak yang didaftarkan tidak muncul, maka pihak sekolah akan langsung menghubungi pusat Kemendikbud untuk melakukan pendaftaran ulang NISN agar murid dapat memvalidasi NISN yang dimiliki.

Cara Cek NISN lewat PUSPENDIK

Kemudian untuk cara yang ketiga, jika pihak operator sekolah dan cara online tadi tidak membuahkan hasil, maka selanjutnya adalah kamu dapata mengunjungi kantor PUSPENDIK atau Pusat Data dan Pendidikan untuk melakukan validasi NISN.

Biasanya sebelum mendatangi kantor PUSPENDIK, kamu harus terlebih dahulu membawa beberapa berkas penting yang dibutuhkan. Seperti

  1. Akta Lahir Anak
  2. Kartu Keluarga
  3. KTP
  4. Formulir pendaftaran sekolah

Kamu dapat membawa 3 berkas pendukung tersebut dalam bentuk fotocopy ataupun aslinya. Dan ketika sampai di kantor PUSPENDIK, kamu bisa menceritakan masalah yang kamu alami. Biasanya, mereka akan melakukan pengecekan ulang di database terkait, untuk melakukan validasi ulang dan juga sinkronisasi data dari anak yang didaftarkan.

Gak cuma itu aja, untuk beberapa kasus, mengunjungi kantor PUSPENDIK juga bisa digunakan untuk kamu yang mungkin mengalami kesalahan ketika mendaftarkan anak ke sebuah sekolah. Bisa saja salah dalam penulisan nama, atau bahkan tanggal lahir.

Dengan begitu, kamu dapat memperbaiki data NISN yang udah ada, dan juga memperbaiki Ijazah yang sebelumnya salah, atau juga membiarkan data tersebut tetap ada, namun melakukan validasi ulang agar data menjadi valid dan dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikan.

Bagaimana jika NISN yang tertulis ternyata masuk dalam Data Ganda?

Kadang kala, manusia kerap melakukan kesalahan ketika mengisi data NISN pelajar. Hal ini sendiri akan menjadi hal yang fatal, apabila pemberian NISN paten yang dilakukan dari kelas 1 SD, tidak dilakukan pengecekan sesuai dengan bertambahnya jenjang pendidikan.

Related  Cara Cek Saldo di ATM BRI

Namun, walaupun mungkin NISN yang dimiliki anak atau murid dan siswa ternyata masuk dalam kategori NISN Ganda, orang tua murid dapat melaporkan hal ini ke pihak operator sekolah, untuk melakukan validasi ulang. Sebab, untuk melakukan pengeditan data NISN sendiri hanya dapat dilakukan oleh pihak operator sekolah. Dan belum lagi, setelah melakukan pengeditan data NISN, pihak sekolah harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan atau acc dari pihak PUSPENDIK.

Karena biasanya, NISN yang sudah melekat dari kelas 1 SD akan digunakan terus sampai menjelang UN SMK. Maka dari itu, penting banget buat melakukan pengecekan NISN terlebih dahulu, ketika mungkin anak atau murid masih berada di tingkat pendidikan mengenah pertama ataupun menengah kejuruan sebelum UN dilakukan.

Jika hal ini terjadi dan ijazah sudah terlanjur di cetak, biasanya saat ingin melanjutkan ke jenjang universitas atau perkuliahan, data NISN yang digunakan adalah data yang pertama. Walaupun ganda, selama kedua NISN tersebut masih valid, maka masih berlaku untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan NISN sebelum anak atau murid yang akan bersekolah, mendapatkan NISN yang valid, ya.

Dan itulah tadi beberapa cara cek nisn yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts