Cara Cek Samsung Asli

Posted on 270 views

Bagaimana cara cek samsung asli? Apa aja sih perbedaan antara HP Samsung asli dan palsu? Apakah bisa diketahui secara kasat mata? Beberapa pertanyaan tadi, biasanya kerap ditanyakan oleh para netizen terlebih untuk mereka pengguna ponsel pintar Samsung.

Ngomongin soal keaslian HP, tentunya hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan. Karena, biasanya ada saja pihak pihak tak bertanggung jawab yang sengaja memalsukan produk HP dengan harga murah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Hal ini lah yang jelas sangat merugikan pembeli. Karena biasanya ponsel yang tidak asli akan memiliki fitur yang kurang lengkap, dan tak jarang memiliki masa atau keawetan hp yang tidak lama, dan berujung kerusakan.

Salah satu produk ponsel yang kerap masuk dalam jajaran ‘sering’ dipalsukan adalah Samsung. Bagaimana tidak, brand smartphone asal korea ini memang memiliki harga yang terjangkau untuk urusan gadget, dengan fitur dan kualitas kamera yang baik.

Tapi kebayang gak, jika kamu sudah mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli ponsel samsung dengan harga yang cukup tinggi, namun ternyata kualitasnya tidak sesuai dengan harganya, atau mungkin bisa dibilang ponsel samsung yang kalian beli, ternyata tidak asli? Wah, pastinya menjengkelkan ya.

Cara Cek Samsung Asli

Cara Cek Samsung Asli
Cek Samsung Asli

Maka dari itulah, penting sekali bagi kita terlebih yang ingin membeli ponsel merek samsung, untuk mengetahui keaslian dari produk yang akan dibeli. Dan untuk melakukan pengecekannya sendiri, sekiranya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Seperti

Cara Cek Samsung Asli lewat IMEI

Cara pertama yang tak lagi asing untuk pengguna ponsel untuk mengecek keaslian adalah dengan menggunakan IMEI. Biasanya, ponsel saat ini sudah memiliki IMEI yang biasanya tertempel dalam bentuk sticker, dibagian belakang ponsel (backdoor).

Related  Cara Cek HP Xiaomi

Nah, untuk melakukan pengecekan IMEI secara akurat, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Seperti

  1. Buka aplikasi telpon di smartphone samsung
  2. Ketikkan kode *#06# kemudian tekan Call / OK
  3. Tunggu beberapa saat, dan kamu akan melihat IMEI yang tertera di bagian layar ponsel.

Atau jika kamu kebingungan, kamu bisa juga kok melihat dus box dari ponsel samsung yang kamu beli. Biasanya disana juga tertera IMEI yang ditempelkan dalam bentuk sticker.

Jika sudah menemukan IMEI baik melalui panggilan USSD Code dan juga dus box, kamu tinggal mencocokkan dengan yang ada dibagian belakang ponsel. Jika IMEI nya sesuai, maka itu berarti ponsel samsung kalian adalah Asli dan terdaftar seperti peraturan Undang undang yang berlaku tentang ponsel dan IMEI.

Cara Cek Samsung Asli lewat Kamera

Kemudian untuk cara yang kedua adalah dengan mengecek aplikasi kamera pada smartphone samsung. Biasanya, hal ini bisa terlihat secara kasat mata ketika pengguna melakukan pengambilan gambar menggunakan kamera.

Biasanya, ponsel samsung generasi terbaru sudah dilengkapi dengan kualitas kamera yang jernih, dan mendukung mode malam yang baik. Oleh sebab itu, jika pada saat mengambil gambar menggunakan hp dan ternyata kualitasnya tidak sesuai, maka kemungkinan besar ponsel samsung kamu tidak asli.

Tapi perlu dicatat ya sob, untuk mengambil gambar menggunakan ponsel, usahakan kamu melakukan pengambilan gambar dalam kondisi outdoor ataupun dengan pencahayaan yang cukup agar hasilnya bisa terlihat baik juga.

Cara Cek Samsung Asli lewat Test Mode

Selanjutnya, ada juga cara yang bisa kamu pakai untuk mengecek keaslian ponsel samsung kalian, yakni dengan menggunakan Test Mode. Nah test mode ini biasanya dilakukan untuk melihat spesifikasi singkat mengenai semua ponsel. Baik dari jaringan, ataupun spesifikasi jaringan yang tersedia.

Related  Cara Cek HP Asus

Caranya juga gampang kok.

  1. Buka aplikasi telpon di smartphone kalian
  2. Lalu ketikkan kode *#*#4636#*#* dan tekan Panggil / OK
  3. Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk kedalam test mode.

Berbeda dengan menggunakan CPU-Z mengenai Spesifikasi, untuk Test Mode sendiri biasanya kerap dipakai untuk mengetahui apakah ponsel kalian sudah support 4G atau belum. Dan jika di dus box atau spesifikasi tertera support 4G namun pada test mode tidak ada 4G, bisa jadi ponsel kalian tidak original ataupun mengalami kendala pada jaringan kartu nya.

Dan gak cuma itu aja kok, kamu juga bisa melakukan LCD Test dengan menggunakan kode USSD yang hampir mirip dengan Test Mode

  1. Masuk ke aplikasi telpon
  2. Ketikkan kode *#0*#
  3. Lalu tekan Call / Panggil

Biasanya, jika ponsel kamu memiliki informasi mengenai LCD, maka akan muncul dibagian layar setelah kamu memanggil kode USSD tadi. Sedangkan untuk hp samsung yang palsu, tidak akan menampilkan informasi apapun tentang LCD.

Cara Cek Samsung Asli lewat Daftar Aplikasi

Terakhir yang tak kalah penting, disini kita bisa melihat sebuah ponsel asli atau tidak dengan melihat daftar aplikasinya. Loh, maksudnya apa min? Sngkatnya begini. Jika kita membeli ponsel dengan merk xiaomi, biasanya kita akan menemukan aplikasi Mi Account bukan?

Sama seperti ponsel samsung. Jika kamu membeli hp samsung yang asli, maka kamu akan menemukan aplikasi Samsung Account Center untuk melakukan login ataupun membuat akun samsung itu sendiri.

Dan gak cuma itu aja loh. Perlu diperhatikan juga ya, jika ketika membeli hp samsung kamu justru menemukan aplikasi aneh dengan berbahasa China, bisa dipastkan ponsel samsung yang kamu miliki adalah ‘Super KW’ yang mana tidak resmi dari pihak samsung.

Related  Cara Cek Kartu XL

Oh iya satu lagi, biasanya dalam settings atau pengaturan, ketika kamu ingin mengubah bahasa ponsel, biasanya kamu tidak akan menemukan bahasa indonesia. Karena biasanya, hp samsung grade kw ini, tidak support dengan bahasa indonesia. Jadi, hati-hati ya.

Cara Cek Samsung Asli lewat Aplikasi

Ketiga, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi yang digunakan untuk membaca spesifikasi ponsel kalian. Nah, disini mimin sendiri menyarankan kalian untuk menggunakan CPU-Z, untuk memeriksa spesifikasi ponsel tanpa harus membongkarnya. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu Play Store yang ada di ponsel samsung kalian
  2. Setelah itu, cari aplikasi CPU-Z dan pilih Install
  3. Lalu buka aplikasi CPU-Z dan cocokkan untuk semua sepsifikasi yang ada dari tiap tab nya.

Yang paling terlihat dalam menggunakan CPU-Z ini adalah kapasitas baterai dan juga spesifikasi lainnya. Nah, oleh sebab itulah kamu disarankan untuk terlebih dahulu mengetahui spesifikasi dari Smartphone samsung yang kamu gunakan nih. Baik dari megapixel camera, kapasitas baterai, dan juga CPU / Processor dari Smartphone samsung kalian.

Jika spesifikasinya sesuai, maka akan terlihat sama baik di CPU-Z ataupun di spesifikasi ponsel yang kalian miliki.

Itulah tadi beberapa cara cek samsung asli yang bisa kamu terapkan untuk mengecek apakah ponsel kalian asli atau tidak. Tentunya cara ini bisa membantu kalian agar tidak mengalami kerugian akibat membeli ponsel dengan harga yang cukup mahal, namun ternyata tidak asli. Semoga bermanfaat.