Cara Membuat Intro Youtube

Posted on 221 views

Cara membuat intro youtube sebenarnya sangat mudah. Biasanya, cara ini kerap digunakan untuk para content creator atau kerap disapa dengan youtuber, untuk memperindah dan mempercantik tampilan awal video mereka.

Sebagaimana kita tau, Intro sendiri merupakan sebuah awalan atau bagian pembuka dari video yang biasanya berdurasi sektiar 3 – 5 detik saja. Biasanya, pada video intro ini kerap disematkan beberapa elemen atau detail dari profile youtube mereka.

Mulai dari nama channel Youtube, foto profile Youtube, logo, dan lain sebagainya. Dengan adanya intro, hal ini membuat video yang kamu unggah atau upload ke youtube semakin keren dan menarik minat para penonton.

Untuk pembuatan intro sendiri sebenarnya terbilang mudah. Kamu bisa menggunakan beberapa software ataupun aplikasi video editing yang memang cukup familiar di kalangan para video editor ataupun pemilik channel youtube.

Walaupun demikian, video intro youtube sendiri cukup beragam. Ada yang banyak menggunakan animasi ataupun motion effect, ada juga yang sekedar nama channel, tombol subscribe, dan juga foto profile channel mereka.

Semua kembali kepada pemilik konten tersebut. Karena, selain menjadi penentu dari bagaimana viewers melanjutkan menonton video kamu, intro youtube juga menjadi sebuah identitas atau ciri dari video yang kamu unggah, agar tidak di jiplak atau di reupload oleh orang lain.

Cara Membuat Intro Youtube

Cara Membuat Intro Youtube
Membuat Intro Youtube

Untuk itu, jika kamu adalah seorang youtuber pemula ataupun baru saja berkecimpung di dunia Youtube, rasanya kamu harus banget tau nih tentang cara membuat intro youtube, agar video kamu terlihat lebih keren, dan semakin menarik tentunya.

Related  Cara Mendownload Video dari Youtube

Tapi sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Seperti:

Perhatikan Aspek Ratio Video

Point pertama yang perlu kamu perhatikan adalah aspek ratio atau ukuran dari video intro yang kamu buat. Sebenarnya, hal ini sudah sangat dasar untuk diketahui para pengguna ataupun content creator youtube.

Karena biasanya, ukuran ideal video youtube adalah 1280 x 720 pixel, yang mana ukuran video ini masuk dalam kategori SHD, dan juga HD. Nah, untuk itu ketika kamu membuat intro youtube, pastikan kamu menggunakan ukuran video dengan resolusi tersebut ya. Dan pastikan juga, video yang kamu edit juga memiliki dimensi aspek ratio yang sama.

Gunakan Gambar Bebas Copyright

Kemudia yang kedua adalah penggunaan elemen gambar pada intro youtube. Mungkin, kadang kala kamu ingin menambahkan icon ataupun logo yang bisa kamu temukan di google. Namun, kadang pengguna tidak menyadari jika semua hal yang ada di internet memiliki hak cipta ataupun Copyright.

Sebenarnya hal ini gak masalah jika mungkin digunakan untuk personal. Tetapi, jika kamu menggunakan gambar dengan status tidak untuk di publikasi ulang, maka kemungkinan kamu akan dikenakan pelanggaran hak cipta atas gambar yang ada di video intro kamu.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan gambar yang memang disediakan secara gratis, dan diperbolehkan untuk di publikasi ulang atau dibuat dalam bentuk intro youtube kamu.

Tambahkan Lagu Non Copyright

Kemudian yang terakhir adalah lagu non copyright. Sama seperti gambar yang tadi mimin jelaskan, penggunaan audio atau sound pada youtube sangat sensitif loh. Ketika kamu menggunakan lagu ataupun sound effect yang mungkin memiliki hak cipta, kemungkinan besar kamu akan dikenakan royalti, ataupun tidak dapat di monetisasi, akibat lagi atau sound effect yang mengandung hak cipta.

Related  Cara Membuat Channel Youtube di Android yang Benar

Untuk itu, kamu bisa menggunakan beberapa sound gratis yang disediakan youtube, melalui Youtube Sound Library yang bisa kamu aksess melalui laman studio youtube.

Setelah memahami tiga poin penting sebelum membuat intro youtube, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa memulai untuk membuat intro youtube yang kamu inginkan. Dengan cara

Siapkan Aplikasi Video Editing atau Motion Effect

Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan aplikasi yang kerap digunakan untuk membuat intro youtube. Biasanya, kalau mimin sendiri menyarankan beberapa jenis aplikasi yang digunakan pada komputer atau laptop. Seperti

  • Adobe Premiere Pro
  • Adobe After Effect
  • Sony Vegas Pro

Dan untuk kamu yang menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut ini. Seperti:

  • CapCut
  • VN
  • KineMaster

Silahkan kamu sesuaikan dengan perangkat dan juga kebutuhanmu. Kamu bisa memilih salah satu diantara beberapa aplikasi yang mimin sarankan tadi. Terutama untuk pengguna komputer atau laptop, pastikan juga ya spesifikasi perangkatmu mendukung untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Atur Ukuran Video / Aspect Ratio Video di Aplikasi Editing

Jika sudah, maka selanjutnya kamu bisa membuat project baru atau lembar kerja baru untuk membuat intro kamu. Seperti yang sudah mimin jelaskan tadi, kamu bisa menggunakan resolusi video 1280 x 720 px, dengan minimum 30 fps, ataupun maksimal 60 fps.

Semakin besar jumlah fps, maka semakin smooth atau halus gerakan untuk tiap motion yang kamu tambahkan di bagian intro video youtube kamu. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan mu ya.

Mulai Membuat Intro

Barulah setelah semuanya siap, kamu bisa langsung mulai untuk membuat intro youtube pertama kamu. Disini, kamu bisa menggunakan template dari beberapa aplikasi seperti misalnya adobe premiere pro, after effect, ataupun sony vegas dan juga kinemaster.

Tiap template ini biasanya bisa disesuaikan ulang atau di kustomisasi sesuai keinginan kamu. Silahkan lakukan pengeditan sesuai dengan ciri khas dari video kamu. Kamu juga bisa kok membuat intro youtube sesuai keinginanmu dari 0, agar terlihat lebih mencirikan tiap video kamu dan terkesan lebih kreatif.

Related  Cara Download Video Youtube

Tambahkan Elemen yang diinginkan Pada Intro

Kemudian untuk mempercanti intro yang kamu buat, kamu bisa menambahkan beberapa elemen pendukung dalam video intro. Mulai dari menambahkan logo dari channel youtube kamu, nama channel youtube, dan juga animasi tombol subscribe yang biasanya bisa di unduh dalam bentuk green screen untuk dihilangkan layar belakangnya agar terlihat transparat dan lebih baik.

Kamu juga bisa menambahkan sound effect dengan catatan sound effect yang kamu gunakan bebas dari copyright dan juga tidak melanggar ketentuan hak cipta dari youtube itu sendiri.

Export Intro yang Sudah di buat

Barulah jika semua nya sudah selesai, kamu tinggal mengesksport intro yang kamu buat tadi, dalam bentuk video dengan format .mp4. Biasanya, para content creator akan menyimpan file hasil eksport tadi untuk kemudian ditambahkan pada awal video yang mereka miliki sehingga lebih mudah untuk digunakan dan juga tinggal di import di video video selanjutnya.

Jangan lupa untuk menyimpan file mentah atau file raw dari intro yang kamu buat. Hal ini bertujuan jika mungkin kamu ingin mengubah konsep dari video intro yang kamu buat tadi, agar lebih mudah dalam melakukan prosess editing.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat intro youtube yang bisa kamu coba. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat video intro youtube pertama kamu? Selamat mencoba.