Cara Mendaftarkan GrabFood

Posted on 257 views

GrabFood menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh masyarakat karena memberi kemudahaan untuk melakukan pesan makanan secara online. Jadi kamu tidak perlu datang langsung ke restoran atau tempat makan untuk bisa menikmati makanan yang kamu inginkan. Menjadi mitra GrabFood adalah satu hal yang menguntungan jika kamu memiliki bisnis makanan, Oleh karena itu kamu perlu mengetahui cara mendaftarkan GrabFood.

Pengertian dari GrabFood sendiri adalah layanan pesan antar makanan menggunakan jasa Grab. Seperti yang kamu tahu jika sebelumnya Grab hanya melayani ojek online baik itu mobil maupun motor, dan juga layanan antar barang. Namun sekarang ini Grab sudah memiliki jenis layanan pesan antar makanan yang dikenal dengan GrabFood.

Dulu jika ingin menggunakan layanan pesan antar makanan harus menghubungi restorannya secara langsung, namun dengan munculnya GrabFood kamu bisa langsung memesan makanan yang kamu inginkan dengan banyak pilihan restoran melalui aplikasi satu aplikasi saja.

Jika kamu ingin menggunakan GrabFood saat akan memesan makanan kamu hanya tingga menggunakan fitur Grabfood yang ada didalam aplikasi Grab. Kamu juga bisa memilih metode pembayaran yang kamu inginkan yaitu melalui OVO atau langsung melalui pengemudinya.

Bisnis dibidang kuliner sendiri merupakan bisnis yang menjanjikan dan banyak digandrungi oleh pebisnis. Dengan adanya layanan GrabFood akan lebih menguntungkan bagi pemiliki bisnis kuliner maupun konsumen, yang tidak memiliki banyak waktu untuk makan di restoran yang dia inginkan.

Apabila kamu memiliki bisnis dibidang kuliner kamu bisa memanfaatkan GrabFood untuk menjual makanan yang kamu jual. Jadi kamu tidak hanya akan mendapatkan pemasukan melalui pengunjung yang datang langsung ke tempat makan yang kamu miliki, namun juga melalui konsumen yang memesan makanan melalui salah satu aplikasi ojek online yang ada di Indonesia yaitu Grabfood.

Dengan adanya bisnis kuliner kamu di GrabFood akan memudahkan calon konsumen untuk memesan makanan di retoran kamu, dan restoran yang juga bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Cara mendaftarkan GrabFood juga cukup mudah untuk kamu lakukan, karena kami bisa mendaftar GrabFood secara onlone.

Syarat Mendaftarkan Bisnis Kuliner di GrabFood

Sebelum kamu mengetahui cara mendaftarkan bisnis kuliner di GrabFood kamu perlu mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus kamu penuhi sebelum kamu kamu bisa mendaftar di GrabFood. Berikut ini syarat-syarat mendaftar di GrabFood :

1. Informasi Restoran

Syarat pertama yang perlu kamu miliki untuk mendaftarkan bisnis kuliner kamu di GrabFood adalah mengenai informasi restoran. Berikut penjelasannya :

  • Nama bisnis atau retoran : Sesuaikan nama restoran ini dengan banner toko kamu.
  • Alamat restoran dan koordinat di Google Maps : Berikutnya kamu harus melampirkan informasi restoran kamu secara lengkap beserta koordinat di Google Maps.
  • Nomor telepon : Kamu juga perlu menyertakan nomor telepon aktif yang terhubung dengan restoran yang kamu daftarkan.
  • Email restoran : Selain nomor telepon kamu juga harus memiliki email.
  • Foto tampak luar restoran : Yang harus kamu lampirkan selanjutnya adalah foto tampak luar dari restoran yang kamu daftarkan dan pastikan banner toko terlihat jelas, selain itu lampirkan juga foto owner didepan yang sedang didepan banner toko.
  • Foto tampak dalam restoran : Selain foto tampak depan kamu juga harus melampirkan foto tampak dalam dari restoran kamu seperti kasir, meja makan, dapur dengan jelas. Kamu juga perlu melampirkan foto owner sedang didalam dan foto harus sesuai dengan ktp dan harus jelas.
  • Foto logo restoran

2. Informasi Pemilik

Syarat berikutnya adalah mengenai informasi pemiliki, berikut dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan :

  • Foto Kartu Identitas (KTP/Passport)
  • Foto Selfie sesuai dengan KTP
  • Foto NPWP
Related  Cara Membuat M-Banking BCA

3. Informasi Bank

Berikutnya kamu juga harus melampirkan informasi mengenai rekening bank kamu, berikut hal-hal yang harus kamu lampirkan :

  • Nomor rekening tabungan
  • Foto buku tabungan atau tampilan dari e-banking 

Yang harus kamu perhatikan adalah pastikan nomor rekening terlihat jelas.

4. Informasi Menu

Syarat selanjutnya yang perlu kamu sertakan adalah mengenai informasi menu, hal ini penting karena dengan informasi menu ini konsumen bisa mengetahui menu apa saja yang terdapat pada restoran yang kamu miliki :

  • Daftar Menu
  • Foto daftar menu
  • Foto makanan

Kamu harus melampirkan foto yang terlihat jelas dan menampilkan makanan serta harga sesuai yang ditampilkan di aplikasi GrabFood. Untuk foto makanan kamu perlu memfoto dengan semaksimal mungkin supaya menarik dan meningkatkan minat pembeli. Juga, sertakan voucher jika ada.

Itulah beberapa persyaratan yang perlu kamu siapkan sebelum kamu mendaftarkan bisnis kuliner kamu di GrabFood .

Cara Mendaftarkan GrabFood

Cara Mendaftarkan Grabfood
Cara Mendaftarkan Grabfood

Setelah kamu menyiapkan syarat-syarat untuk mendaftar GrabFood , sekarang saatnya kamu mendaftarkan GrabFood bisnis kamu. Dengan mendaftarkan bisnis kuliner kamu di layanan Grabfood maka akan memperluas pasar dan restoran kamu akan lebih dikenal oleh masyarakat. Beirkut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti supaya berhasil mendaftarkan Grabfood :

1. Membuat Profil Bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mendaftarkan bisnis kamu di GrabFood adalah membuat profil terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka browser di handphone atau laptop kamu dan kunjungi situs https://www.grab.com/id/merchant/food/.
  • Berikutnya isi formulir seperti Nama bisnis atau restoran, Alamat bisnis atau restoran, Nomor Telepon, Alamat Email.
  • Selanjutnya jika formulir sudah terisi semua klik Daftar.
  • Kemudian pihak GrabFood akan mengirimkan email verifikasi.
  • Pastikan email bisnis kamu terdaftar dan terverifikasi.
  • Selesai.

2. Unggah Informasi Bisnis

Langkah selanjutnya jika kamu sudah berhasil membuat profil bisnis dan akun bisnis kamu sudah terverifikasi. Berikutnya adalah mengunggah informasi mengenai bisnis/restoran. Pihak GrabFood akan menghubungi pebisnis dan menjelaskan langkah selanjutnya mengenai informasi toko. Seperti foto restoran, foto menu, dan lain sebegainya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Related  Cara Buat Akun Facebook

3. Tanda Tangan Kontrak

Jika kamu sudah melengkapi informasi restoran, GrabFood akan mengirimkan email kepada kamu untuk menandatangani kontrak dengan GrabFood. Sebelum kamu tanda tangan pastikan kamu sudah membaca syarat dan ketentuannya dnegan baik, jika sudah kamu bisa menandatangani kontrak.

4. Verifikasi Email

Langkah selanjutnya setelah proses tanda tangan kontrak kamu akan diminta untuk memverifikasi email lagi dengan batas waktu 72 jam/ 2 hari. Jadi kamu harus memverifikasi sebelum 2 hari karena apabila lebih dari itu maka proses verifikasi akan gagal dan kamu perlu melakukan verifikasi ulang dengan menghubungi customer service GrabFood.

5. Verifikasi OVO

Setelah melakukan verifikasi email kamu juga akan diminta untuk melakukan pendaftaran dan autentikasi akun OVO. Karena OVO merupakan e-wallet yang bekerja sama dengan Grab, terkait pembayaran. Jadi OVO ini adalah media pembayaran anara konsumen dan pebisnis. Verifikasi yang akan diminta adalah mengenai informasi nama restoran dan alamat restoran.

6. Finalisasi

Apabila semua proses diatas sudah selesai dan tervalidasi maka kamu akan dikirimi email dari pihak GrabFood terkait training cara menggunakan aplikasi untuk merchant bisnis makanan. Selain itu akan ada informasi mengenai cara mengaktifkan akun GrabFood Menrchant yang telah kamu buat juga.

Demikianlah cara mendaftarkan GrabFood, kamu bisa melakukan langkah-langkah diatas supaya bisa mendaftarkan bisnis kuliner kamu supaya bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Semoga bermanfaat.

Rate this post