Cara Cek Nomor HP

Bagaimana cara cek nomor hp sendiri atau orang lain? Apa saja cara dan langkah untuk mengetahui nomor hp sendiri? Bicara tentang nomor hp, mungkin kita semua udah gak lagi asing dengan hal yang satu ini. Nomor HP atau nomor telpon ponsel sendiri merupakan identitas penting untuk para pengguna ponsel. Dengan adanya nomor hp, kita bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang orang yang ada didalam daftar kontak kita.

Nah, nomor hp sendiri biasanya didapatkan dari sim card yang mereka gunakan. Dan umumnya, nomor hp sendiri memiliki jumlah digit yang berbeda. Mulai dari 12 digit, sampai 13  digit. Dan masing masing sim card juga memiliki awalan nomor yang berbeda.

Itulah mengapa penting banget buat kita tau nomor hp yang kita miliki. Karena, kalau kita tidak mengetahui nomor hp kita sendiri, hal ini akan membuat kamu sulit untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan kartu kamu, mulai dari melakukan pembelian pulsa, paket data, atau ketika teman kamu meminta nomormu untuk disimpan didalam daftar kontak mereka.

Dan gak cuma itu aja kok, saat ini juga nomor hp yang kita guakan sudah menjadi identitas penting dalam sebuah aplikasi chat di smartphone, mulai dari Whatsapp, LINE, Pendaftaran Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting banget buat kamu setidaknya menyimpan nomor pribadi kamu, agar memudahkan dalam setiap kebutuhan.

Sayangnya, tidak semua pengguna ponsel mengerti tentang cara mengetahui nomor hp yang mereka miliki. Biasanya, hal ini dikarenakan mereka baru saja membeli perdana, dan tak mencatat nomor ponsel mereka. Atau juga, kadang ada pengguna lama yang sekdar asal pakai ketika membeli perdana baru di smartphone mereka.

Cara Cek Nomor HP

Cara Cek Nomor HP
Cek Nomor HP

Alhasil, ketika mereka ingin melakukan pengisian pulsa secara manual, mereka akan bingung ketika diminta untuk menyebutkan nomor hp mereka. Itulah mengapa, kamu harus banget baca cara cek nomor hp yang bisa kamu gunakan ketika lupa nomor hp kamu.

Related  Cara Cek Nomor Simpati yang Benar

Cara Cek Nomor HP Kartu Tri

Cara pertama yang akan mimin bagikan adalah untuk pengguna kartu Tri (3). Sebelumnya mimin udah sempet bagikan posting tentang cara ini, tapi buat kamu yang belum tau, kamu boleh banget coba cara ini. Karena sekiranya, ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan. Seperti

1. Lewat Dial Up Code (USSD Code)

Pertama, kamu bisa menggunakan bantuan Dial Code atau yang kerap dikenal dengan USSD Code. Cara ini terbilang sangat simple, dan dapat dilakukan di semua jenis smartphone. Caranya

  1. Buka aplikasi panggilan atau telpon di ponsel kamu
  2. Kemudian ketikkan kode *998# lalu tekan Panggil
  3. Jika tidak bisa, coba gunakan kode *111# lalu tekan Panggil
  4. Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu akan melihat pop up yang berisikan nomor hp kalian yang menggunakan kartu Tri (3)

2. Lewat SMS

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan pesan sms untuk mengetahui nomor hp kalian. Caranya

  1. Buka aplikasi perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kamu
  2. Buat pesan baru dengan format isi pesan Info Data dan kemudian kirim pesan tersebut ke nomor 234

Setelah pesan terkirim, maka nantinya kamu akan menerima balasan dari pihak 3 yang berisikan informasi mengenai kartu kalian, termasuk nomor hp yang kamu miliki, beserta masa aktifnya.

Cara Cek Nomor HP Kartu Axis

Kemudian untuk yang kedua, bagi kamu yang menggunakan sim card atau kartu Axis, ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor axis yang kamu gunakan. Sekiranya, ada beberapa cara yang bakal mimin bagikan. Seperti

1. Lewat Dial Code (USSD Code)

Cara pertama adalah dengan USSD code yang sama seperti sebelumnya udah mimin bahas. Yaitu

  1. Buka aplikasi panggilan atau telpon di ponsel kalian
  2. Kemudian ketikkan kode *2# dan kemudian tekan Call / Panggil
Related  Cara Cek Nomor XL

Tunggu beberapa saat sampai permintaanmu selesai di prosess, dan nantinya kamu akan mendapatkan pop up atau balasan dari pihak axis yang menginformasikan mengenai nomor yang kamu gunakan pada kartu axis kalian.

2. Lewat Aplikasi MyAxis

Kemudian untuk cara yang kedua adalah kamu bisa menggunakan aplikasi MyAxis. Tapi perlu diingat ya sob, cara ini sendiri hanya berlaku untuk kamu yang sudah melakukan pendaftaran akun, atau sudah terlogin kedalam aplikasi MyAxis. Karena untuk loginnya sendiri, kamu harus memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor kamu, nah kalau kamu gak tau nomor hp kamu, tentunya hal ini tidak dapat kamu lakukan.

  1. Buka aplikasi MyAxis di smartphone kalian
  2. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai kamu berhasil masuk dan diarahkan ke laman utama atau dashboard aplikasi MyAxis

Dan setelah masuk ke laman aplikasi MyAxis, kamu akan langsung melihat detal nomor hp kamu, gak cuma itu aja kok. Kamu juga bisa melihat sisa pulsa, sisa masa aktif, beserta sisa paket internet yang masih aktif dan dapat digunakan.

Cara Cek Nomor HP Kartu Telkomsel

Kemudian untuk pengguna kartu Telkomsel yang mungkin saja lupa dengan nomor sendiri, kamu juga bisa kok mencoba beberapa cara yang bakal mimin bagikan, untuk mengetahui nomor hp kamu. Caranya

1. Lewat Dial Code (USSD Code)

Cara pertama yakni dengan menggunakan USSD Code. Karena selain untuk melakukan pengecekan pulsa, USSD Code atau Dial Code, kamu juga bisa kok mengetahui nomor telkomsel kamu sendiri. Caranya

  1. Buka aplikasi telpon atau panggilan di ponsel kamu
  2. Setelah itu langsung saja ketikkan kode *808# dan tekan Call / OK

Kemudian, kamu tinggal menunggu beberapa saat hingga permintaanmu selesai di prosess, dan nantinya kamu akan menerima balasan atau pop up dari telkomsel mengenai nomor kartu yang kamu gunakan. Gampang bagnet kan?

2. Lewat Kartu Perdana

Kemudian untuk cara yang kedua sebenarnya terbilang manual. Karena disini, kamu hanya perlu melihat pada bagian packaging perdana telkomsel yang baru saja kamu beli. Karena biasanya, disana akan tertera nomor telkomsel yang kamu beli, dan kamu bisa menggunting atau menyimpan bagian yang berisikan nomor hp kamu, untuk diletakkan ditempat yang mudah dijangkau, atau bisa juga ditaruh di bagian belakang casing ponsel jika ada.

Related  Cara Cek Registrasi Kartu

Cara Cek Nomor HP Kartu XL Axiata

Kemudian yang selanjutnya adalah untuk pengguna sim card XL Axiata, kamu juga dapat menggunakan beberapa cara mudah yang bakal mimin bagikan. Yaitu

1. Lewat Dial Code (USSD Code)

Cara pertama adalah dengan USSD Code yang sama dengan beberapa poin yang udah mimin bagikan. Caranya

  1. Buka aplikasi Panggilan atau Telepon kamu
  2. Setelah itu ketikkan kode *123*7*1*2*1*1# dan tekan OK / Panggil

Lalu, tunggu sampai permintaanmu selesai di prosess, dan nantinya kamu akan melihat pop up atau balasan dari pihak XL, mengenai nomor kartu kamu.

2. Lewat Customer Service

Kemudian untuk cara kedua, kamu bisa menggunakan bantuan customer service, untuk mengetahui nomor hp yang kamu gunakan. Cara ini terbilang mudah, karena kamu hanya perlu melakukan panggilan ke nomor 817 dengan dibebankan tarif pulsa untuk tiap panggilannya.

Jadi, pastikan kamu masih memiliki pulsa aktif, dan ketika terhubung dengan customer service kamu bisa mengatakan maksud dan tujuan mengapa kamu menghubungi pihak customer service.

Cara Cek Nomor HP Kartu Indosat

Lalu, bagi pengguna kartu Indosat Ooredoo bisa melakukan pengecekan nomor hp Indosat sendiri dengan beberapa metode berikut ini.

1. Lewat Dial Code (USSD)

Caranya:

  1. Buka menu Telepon
  2. Ketik kode *123*30#
  3. Lalu tekan tombol Panggil

2. Lewat Aplikasi MyIm3

Caranya:

  1. Download dan install dulu aplikasi MyIm3 melalui Google Play atau App Store
  2. Buka dan jalankan aplikasi myIm3
  3. Lalu daftarkan nomor Indosat Ooredoo kamu, buat kata sandi, dan masukkan kode verifikasi yang terkirim melalui SMS
  4. Usai pendaftaran berhasil, silakan Login menggunakan nomor hp Indosat kamu
  5. Setelah login, kamu akan langsung dapat melihat nomor Indosat kamu di halaman utama aplikasi.

Dan itulah tadi beberapa cara cek nomor hp sesuai dengan operator atau simcard yang kamu gunakan. Kamu bisa mencoba beberapa cara yang mimin bagikan tadi, sesuai dengan operator sim card yang kamu gunakan. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top