Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee dengan Benar

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee – GEMATOS.ID | Dalam proses berbelanja online, terkadang kita mungkin mengalami situasi di mana barang yang kita terima tidak sesuai dengan harapan atau mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal ini, Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, menyediakan fitur pengembalian barang yang memudahkan pengguna untuk mengajukan pengembalian dan mendapatkan pengembalian dana atau barang yang sesuai.

Proses pengembalian barang di Shopee cukup mudah dan dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee yang ada di perangkat Anda. Bisa juga dilakukan lewat website official Shopee.co.id. Dengan adanya fitur pengembalian barang ini, Shopee memberikan kepercayaan kepada pengguna untuk berbelanja secara online tanpa khawatir tentang ketidaksesuaian barang atau kerusakan. Hal ini juga menunjukkan komitmen Shopee untuk memberikan pengalaman berbelanja yang aman, nyaman, dan memuaskan bagi pengguna mereka.

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee
Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee

Untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee, Anda dapat mengikuti beberapa metode retur yang sudah kami rangkum berikut ini:

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee via Aplikasi

Untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee menggunakan aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun Anda.
  2. Pilih tab “Saya” di bagian bawah layar.
  3. Pilih “Dikirim” untuk melihat pesanan yang telah Anda terima.
  4. Temukan pesanan yang ingin Anda ajukan pengembalian dan pilih pesanan tersebut.
  5. Pilih opsi “Ajukan Pengembalian” untuk memulai proses pengembalian.
  6. Pilih status pengajuan, seperti “Rusak“, “Salah Pengiriman“, atau “Tidak Sesuai Deskripsi“.
  7. Pilih produk yang ingin Anda ajukan pengembalian.
  8. Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan.
  9. Pilih alasan yang sesuai dengan masalah yang Anda alami.
  10. Konfirmasikan pengajuan pengembalian dengan memilih “Konfirmasi“.
  11. Jika diperlukan, isi deskripsi atau penjelasan lebih lanjut mengenai masalah yang Anda alami.
  12. Unggah foto bukti pendukung, seperti foto barang yang rusak atau tidak sesuai.
  13. Terakhir, pilih “Kirim” untuk mengajukan pengembalian.

Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan memastikan bahwa semua informasi yang Anda berikan akurat dan jelas. Setelah pengajuan pengembalian dikirim, Shopee akan meninjau permohonan Anda dan memberikan pembaruan melalui aplikasi atau email mengenai status pengembalian barang Anda.

Terkait: Cara Membuat Akun Shopee, Cara Membeli Barang di Shopee, dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee.

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee via Website

Dan untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee melalui website, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka website Shopee.co.id, Klik tombol Login dan masuk menggunakan akun Anda.
  2. Pilih tab “Pesanan Saya” di bagian bawah layar.
  3. Pilih “Dikirim” untuk melihat pesanan yang telah Anda terima.
  4. Temukan pesanan yang ingin Anda ajukan pengembalian dan pilih pesanan tersebut.
  5. Pilih opsi “Ajukan Pengembalian” untuk memulai proses pengembalian.
  6. Pilih status pengajuan yang sesuai, seperti “Rusak“, “Salah Pengiriman“, atau “Tidak Sesuai Deskripsi“.
  7. Pilih produk yang ingin Anda ajukan pengembalian.
  8. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan.
  9. Pilih alasan yang sesuai dengan masalah yang Anda alami.
  10. Jika diperlukan, isi deskripsi atau penjelasan lebih lanjut mengenai masalah yang Anda alami.
  11. Unggah foto bukti pendukung, seperti foto barang yang rusak atau tidak sesuai.
  12. Terakhir, pilih “Kirim” untuk mengajukan pengembalian.
Related  Cara Daftar Kurir Shopee Express (Mudah), Ternyata Bisa Online

Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan memastikan bahwa semua informasi yang Anda berikan akurat dan jelas. Setelah pengajuan pengembalian dikirim, Shopee akan meninjau permohonan Anda dan memberikan pembaruan melalui aplikasi atau email mengenai status pengembalian barang Anda.

Cara Ajukan Pengembalian Barang Di Shopee Mall

Proses pengajuan retur di Shopee Mall hampir sama dengan pengembalian barang dari Star Seller Shopee.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mengajukan retur, seperti memastikan barang pesanan masih dalam masa garansi dan memastikan bahwa tombol pesanan diterima belum ditekan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan produk (retur barang) dari Shopee Mall:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda dan masuk ke akun Anda dengan mengklik menu “Saya” di bagian bawah layar.
  2. Pilih “Pesanan Saya” dan klik menu “Dikirim“.
  3. Temukan pesanan yang ingin Anda ajukan retur kepada penjual dan pilih pesanan tersebut.
  4. Klik menu “Ajukan Pengembalian” yang terletak di pojok kiri halaman.
  5. Selanjutnya, pilih produk yang ingin Anda ajukan pengembalian barang.
  6. Berikan alasan pengajuan pengembalian barang yang sesuai dengan masalah yang Anda alami. Shopee menyediakan opsi alasan umum seperti “Rusak“, “Salah Pengiriman“, atau “Tidak Sesuai Deskripsi“. Pilih alasan yang paling relevan dengan situasi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat mengajukan retur barang dengan mudah melalui aplikasi Shopee. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan jelas agar proses retur dapat berjalan dengan lancar.

Related: Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Cara Mengirimkan Paket Pengembalian

Setelah pengajuan pengembalian kamu disetujui, kamu memiliki beberapa opsi untuk mengembalikan paket. Berikut adalah opsi yang tersedia:

  1. Pengambilan: Shopee dapat mengatur jasa pengambilan paket dari alamat pengiriman kamu. Mereka akan mengirimkan kurir untuk mengambil paket yang akan dikembalikan. Pastikan kamu menyiapkan paket dengan baik dan memberikan instruksi yang jelas untuk pengambilan.
  2. Pengiriman: Shopee juga dapat menyediakan label pengiriman yang bisa kamu cetak dan tempelkan ke paket. Kamu dapat mengirimkan paket pengembalian melalui jasa pengiriman yang telah disepakati dengan Shopee. Pastikan kamu mengikuti petunjuk pengemasan dan pengiriman yang diberikan oleh Shopee.
  3. Atur Sendiri: Jika kamu memilih opsi ini, kamu akan bertanggung jawab untuk mengatur pengembalian paket sendiri. Kamu dapat menggunakan jasa pengiriman pilihanmu atau mengirimkan paket langsung ke alamat penjual yang diberikan oleh Shopee. Pastikan kamu menggunakan metode pengiriman yang dapat dipantau dan memberikan bukti pengiriman yang valid.

Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh Shopee untuk pengembalian paket agar proses pengembalian berjalan lancar.

Setelah permohonan pengembalian disetujui, kamu memiliki waktu 5 hari untuk mengirimkan paket pengembalian. Jika kamu memilih opsi Atur Sendiri, berikut adalah langkah-langkah untuk mengirimkan paket pengembalian:

  1. Siapkan paket dengan baik. Pastikan barang yang akan dikembalikan dikemas dengan aman dan rapi. Gunakan bahan kemasan yang memadai untuk melindungi barang agar tidak rusak selama proses pengiriman.
  2. Buka aplikasi Shopee, lalu masuk ke halaman Rincian Pengembalian.
  3. Kemudian klik Lihat Instruksi untuk mengetahui petunjuk pengiriman.
  4. Tentukan metode pengiriman, Pilih jasa pengiriman yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu. Pastikan memilih metode pengiriman yang dapat dipantau dan memberikan nomor resi atau bukti pengiriman.
  5. Pastikan alamat tujuan yang benar, Periksa kembali alamat pengiriman yang telah diberikan oleh Shopee. Pastikan untuk menuliskan alamat dengan jelas dan lengkap agar paket dapat dikirimkan dengan tepat.
  6. Tempelkan label pengiriman, Jika Shopee telah menyediakan label pengiriman, pastikan untuk mencetak dan menempelkannya dengan jelas di paket. Label pengiriman berisi informasi penting seperti alamat tujuan dan nomor resi pengiriman.
  7. Kirim paket, Segera kirim paket pengembalian sesuai dengan metode pengiriman yang kamu pilih. Pastikan untuk menyimpan bukti pengiriman sebagai tanda bahwa paket telah dikirim.
  8. Pantau status pengiriman. Setelah paket dikirim, pantau status pengiriman menggunakan nomor resi yang diberikan oleh jasa pengiriman. Dengan demikian, kamu dapat memastikan bahwa paket telah sampai ke tujuan dengan aman.
Related  Cara Membeli Barang di Shopee dengan Mudah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengirimkan paket pengembalian dengan opsi Atur Sendiri secara efektif dan memastikan bahwa paket mencapai tujuan dengan baik.

Tips Pengembalian Barang di Shopee Agar Diterima

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu agar pengembalian barang di Shopee diterima:

  1. Baca dan pahami kebijakan pengembalian Shopee: Sebelum mengajukan pengembalian, pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan pengembalian yang berlaku di Shopee. Setiap penjual atau produk mungkin memiliki ketentuan yang berbeda, jadi pastikan kamu mengerti persyaratan dan batasan yang berlaku.
  2. Jaga kondisi barang: Pastikan barang yang ingin kamu kembalikan dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan keadaan semula. Hindari kerusakan lebih lanjut atau penggunaan yang berlebihan pada barang yang akan dikembalikan. Jaga kebersihan dan keutuhan paket serta asesoris yang ada.
  3. Simpan kemasan asli: Jika memungkinkan, simpan kemasan asli produk yang ingin kamu kembalikan. Beberapa penjual mungkin meminta kembali barang dengan kemasan asli agar memudahkan proses pengembalian.
  4. Sertakan semua aksesoris dan kelengkapan: Pastikan untuk menyertakan semua aksesoris, buku panduan, kotak, atau kelengkapan lainnya yang datang bersama barang saat pengembalian. Hal ini akan memastikan bahwa barang dikembalikan dalam kondisi lengkap.
  5. Ambil dan sertakan bukti pengiriman: Jika kamu menggunakan opsi pengiriman sendiri, pastikan untuk menyimpan bukti pengiriman yang valid, seperti tanda terima atau nomor resi pengiriman. Ini akan menjadi bukti bahwa barang telah dikirim kembali ke penjual.
  6. Jelaskan alasan pengembalian dengan jelas: Saat mengajukan pengembalian, berikan penjelasan yang jelas dan rinci mengenai alasan pengembalian. Sertakan informasi yang relevan dan gambar jika diperlukan untuk memperjelas masalah yang kamu alami.
  7. Patuhi batas waktu pengembalian: Pastikan untuk mengajukan pengembalian dalam batas waktu yang ditentukan. Setiap penjual atau produk mungkin memiliki batas waktu pengembalian yang berbeda. Ajukan pengembalian sesegera mungkin setelah menemukan masalah pada barang.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kemungkinan pengembalian barang di Shopee diterima akan lebih tinggi. Jika terdapat masalah atau pertanyaan tambahan, selalu komunikasikan langsung dengan Shopee atau penjual untuk mendapatkan bantuan yang lebih lanjut.

Solusi Pengembalian Barang dan Dana

Jika kamu menghadapi masalah dengan pengembalian barang dan ingin mengajukan pengembalian dana di Shopee, berikut adalah beberapa solusi yang dapat kamu coba:

  1. Komunikasikan dengan penjual: Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi penjual melalui fitur chat di aplikasi Shopee. Sampaikan masalah yang kamu hadapi dengan jelas dan minta penjelasan mengenai proses pengembalian dana. Diskusikan solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.
  2. Gunakan fitur “Komplain”: Jika penjual tidak merespons atau tidak memberikan solusi yang memuaskan, kamu dapat menggunakan fitur “Komplain” yang disediakan oleh Shopee. Pilih pesanan yang ingin kamu komplain, jelaskan masalah dengan detail, dan lampirkan bukti yang relevan seperti percakapan chat dengan penjual atau foto barang yang rusak.
  3. Hubungi Layanan Pelanggan Shopee: Jika masalah pengembalian dan dana belum terselesaikan melalui komunikasi dengan penjual, hubungi Layanan Pelanggan Shopee. Caranya adalah dengan mengakses menu “Bantuan” atau “Hubungi Kami” di aplikasi Shopee. Sampaikan keluhan kamu secara lengkap dan berikan detail yang diperlukan agar mereka dapat membantu menyelesaikan masalah dengan pengembalian dan dana.
  4. Gunakan fitur “Konflik/Dispute”: Jika penjual tidak merespons atau tidak ada solusi yang memuaskan melalui komplain dan Layanan Pelanggan Shopee, kamu dapat menggunakan fitur “Konflik/Dispute”. Fitur ini akan memungkinkan Shopee untuk menjadi mediator dalam menyelesaikan sengketa antara kamu dan penjual. Shopee akan melakukan peninjauan terhadap bukti-bukti yang kamu berikan dan mengambil keputusan yang adil.
Related  3 Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri di Aplikasi Shopee

Penting untuk mengumpulkan bukti dan informasi yang diperlukan untuk mendukung kasus pengembalian dan dana kamu. Hal ini meliputi bukti pembayaran, bukti pengiriman, foto barang rusak, serta percakapan dengan penjual. Selalu patuhi kebijakan pengembalian dan syarat yang berlaku di Shopee untuk memperkuat argumen kamu dalam proses pengembalian dan pengembalian dana.

Solusi Pengembalian Dana Tanpa Pengembalian Barang

Jika kamu ingin mengajukan pengembalian dana tanpa harus mengembalikan barang yang telah kamu beli, ada beberapa solusi yang dapat kamu coba di Shopee:

  1. Baca kebijakan pengembalian Shopee: Pertama, pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan pengembalian Shopee. Periksa apakah ada opsi pengembalian dana tanpa harus mengembalikan barang yang dibeli. Setiap penjual atau produk mungkin memiliki persyaratan yang berbeda, jadi pastikan kamu memahami kebijakan yang berlaku.
  2. Hubungi penjual: Komunikasikan dengan penjual melalui fitur chat di aplikasi Shopee. Jelaskan dengan jelas mengenai alasan kamu ingin mengajukan pengembalian dana tanpa harus mengembalikan barang. Diskusikan situasi dengan penjual dan minta penjelasan mengenai opsi pengembalian dana yang mungkin tersedia.
  3. Gunakan fitur “Komplain”: Jika penjual tidak merespons atau tidak memberikan solusi yang memuaskan, kamu dapat menggunakan fitur “Komplain” yang disediakan oleh Shopee. Pilih pesanan yang ingin kamu komplain, jelaskan masalah dengan detail, dan sampaikan alasan mengapa kamu ingin mengajukan pengembalian dana tanpa mengembalikan barang. Lampirkan bukti atau informasi yang relevan untuk mendukung argumen kamu.
  4. Hubungi Layanan Pelanggan Shopee: Jika masalah pengembalian dana belum terselesaikan melalui komunikasi dengan penjual, hubungi Layanan Pelanggan Shopee melalui menu “Bantuan” atau “Hubungi Kami” di aplikasi Shopee. Sampaikan keluhan kamu secara lengkap dan jelaskan bahwa kamu ingin mengajukan pengembalian dana tanpa harus mengembalikan barang. Berikan detail yang diperlukan agar mereka dapat membantu menyelesaikan masalah dengan pengembalian dana.
  5. Gunakan fitur “Konflik/Dispute”: Jika penjual tidak merespons atau tidak ada solusi yang memuaskan melalui komplain dan Layanan Pelanggan Shopee, kamu dapat menggunakan fitur “Konflik/Dispute”. Fitur ini akan memungkinkan Shopee untuk menjadi mediator dalam menyelesaikan sengketa antara kamu dan penjual. Jelaskan dengan jelas alasan kamu ingin mengajukan pengembalian dana tanpa pengembalian barang dan sampaikan bukti atau informasi yang relevan.

Penting untuk diingat bahwa pengembalian dana tanpa mengembalikan barang mungkin tidak selalu tersedia dan tergantung pada kebijakan penjual serta situasi yang terjadi. Pastikan untuk berkomunikasi secara jelas dengan penjual dan Shopee serta mengumpulkan bukti yang relevan untuk mendukung permohonan pengembalian dana kamu.

Akhir Kata

Dalam pengajuan pengembalian barang di Shopee, penting untuk mengikuti prosedur yang ditentukan agar permohonan kamu dapat diproses dengan lancar. Dalam beberapa kasus, pengembalian barang bisa melibatkan pengembalian dana. Pastikan kamu membaca dan memahami kebijakan pengembalian Shopee serta persyaratan yang berlaku untuk setiap penjual atau produk.

Jika kamu menghadapi masalah dengan pengembalian barang atau pengembalian dana, penting untuk berkomunikasi dengan penjual melalui fitur chat di aplikasi Shopee dan mencoba mencapai kesepakatan yang memuaskan.

Ingatlah untuk selalu mematuhi batas waktu pengembalian yang ditetapkan dan mengikuti prosedur pengiriman yang ditentukan jika kamu diminta mengembalikan barang. Jika ada ketidakpastian atau pertanyaan lebih lanjut, Shopee menyediakan panduan dan sumber daya lainnya yang dapat membantu kamu dalam proses pengembalian barang.

Dengan memahami langkah-langkah dan menggunakan solusi yang tepat, kamu dapat meningkatkan peluang agar pengembalian barang di Shopee berjalan lancar.

error:
Scroll to Top