Cara Cek Resi J&T

Cara Cek Resi J&T

Sudahkah kamu tahu bagaimana cara cek resi J&T yang mudah dan benar? Bagi kita yang memulai bisnis dibidang online shop atau dibidang UKM pasti erat hubungannya dengan jasa pengiriman barang. Kita ketahui bersama bahwa banyak sekali penyedia jasa pengiriman barang.

Kita harus pintar pintar memilih layanan pengiriman barang untuk memilimalkan pengeluaran tersebut. Salah satu penyedia layanan pengiriman barang yang sedang naik daun yaitu J&T. J&T itu sendiri sudah mendapatkan kepercayaan baik dari masyarakat maupun pelaku umk dan perusahaan yang bergerak dalam bidang marketplace online. Banyak hal yang harus dipelajari untuk menggunakan jasa pengeriman barang dan salah satu yang wajib kita pahami yaitu cara cek resi j&t.

Sejak tahun 2015, j&t sudah memberikan pelayanan yang sudah menjangkau semua lapisan masyarakat indonesia lewat berbagai produk layanannya. J&T sudah menyediakan berbagai cara untuk melakukan pengecekan resi dari barang yang kita kirimkan. Resi itu sendiri akan didapatkan saat paket yang kita kirim sudah keluar dari drop point untuk dikirimkan pada alamat penerima.

Cara Cek Resi J&T

Cara Cek Resi J&T
Cek Resi J&T

Ada banyak cara untuk melakukan pengecekan resi J&T, untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi dibawah ini,

Cek Resi J&T lewat cekresi.com

Langkah yang pertama yaitu dengan mengunjungi website yang bernama cekresi.com. Setelah mengakses website tersebut kamu akan menemukan informasi seputar cekresi dan dibawahnya ada kolom yang digunakan untuk mengisi nomor resi. Silahkan isi nomor resi yang ingin dilakukan pengecekan pilih layanan ekpedisi J&T dan selanjutnya pilih cek. Kita tinggal menunggu ditampilkannya status pengiriman barang tersebut sudah sampai mana.

Related  Cara Cek No Rekening BCA yang Benar

Jika kamu bingung untuk menemukan nomor resi barang itu seperti apa, kami berikan contoh resi J&T, biasanya diawali dengan huruf JP dan diikuti dengan 10 angka dibelakangnya. JP1234567890. saat melakukan pengecekan dan mengalami kendala kamu bisa langsung menghubungi ke nomor 021-8066-1888 dilayanan customer service yang buka selama 24 jam setiap harinya.

Cek Resi J&T lewat berdu.id

Layanan penyedia jasa pengecekan resi yang selanjutnya yaitu website berdu.id. Kamu tinggal akses halaman website tersebut. Pada menu tampilan awalnya akan langsung muncul kolom kurir dan resi. Untuk kurir itu sendiri bisa kamu isikan dengan J&T dan resi silahkan isi dengan benar sesuai resi yang didapatkan. Jika sudah pilihlah cek resi. Tinggal menunggu prosesnya selesai.

Cek Resi J&T lewat parcelsapp.com

Penyedia jasa pengecekan resi yang berikutnya yaitu website parcelsapp.com. Sama seperti beberapa website diatas tadi, kamu tinggal masuk ke website ini dan memasukan nomor resi barang tersebut. Jika sudah pilih tombol di samping kolom tersebut. Untuk layanan ini bisa juga kamu hubungi ke nomor 021-8066-1888.

Video Cara Cek Resi J&T

Istilah Pengecekan Dalam J&T

Selain mengetahui cara pengecekan resi, ada beberapa istilah yang akan kita jumpai saat melakukan pengecekan tersebut, berikut ini beberapa istilah dalam J&T.

  • Gateway

Ini merupakan istilah untuk menunjukan sebuah kode lokasi biasanya menggunakan format (KODEKOTA_GATEWAY). Sebagai contohnya seperti ini, SUB_GATEWAY dengan arti bahwa barang tersebut saat ini sedang berda di kota Surabaya. Paket akan disortir sebelum diteruskan ke proses yang selanjutnya.

  • Sprinter

Istilah ini menjelaskan bahwa barang sudah sampai di drop point J&T daerah tujuan pengiriman. Istilah lain dari ini yaitu kurir.

  • Bermasalah

Keterangan ini menjelaskan bahwa sedang ada masalah, masalah ini bisa saja karena alamat yang salah ataupun kurir yang mengantar barang beum menemukan alamat tersebut.

  • Simpan

Menjelaskan bahwa estimasi pengiriman barang yang sudah terlampaui dan barang harus disimpan terlebih dahulu untuk di antar lagi di hari berikutnya. Hal ini biasanya dikarenakan lokasi yang terlalu jauh dan terhalang sesuatu dalam proses pengirimannya.

  • Scan

Memberikan informasi bahwa proses pengiriman sudah sampai dan sudah diterima ditempat tujuan dan di update status barangnya.

  • Sedang Menjalankan Simpan Scan

Barang sudah sampai ditempat drop point namun belum bisa diproses saat itu juga dikarenakan kondisi kurir sudah over pengiriman barang ataupun sudah tidak jam kerja jadi barang akan di simpan dulu dan diproses di hari berikutnya.

  • Sedang Menjalankan Bermasalah Scan

Paket sudah sampai ditempat drop point J&T namun belum bisa diproses dikarenakan sedang ada masalah internal ataupun eksternal. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan ada masalah soal alamat, barang yang dikirim terkendala hukum dan lain sebagainya.

  • Invalid Airway Bill

Istilah ini akan kamu dapatkan jika saat memasukan nomor resi, nomor tersebut salah.

  • Sudah Diterima

Paket sudah diterma ditempat tujuan.
Apabila kamu sudah mencoba mengecek resi J&T tetapi selalu gagal, berarti ada penyebab yang perlu kita ketahui. Berikut ini penyebab gagalnya pengecekan resi J&T.

Related  Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri yang Benar

Penyebab Gagal Cek Resi J&T

Ada beberapa penyebab kita gagal dalam mengecek resi J&T. Untuk informasi lengkapnya, silahkan simak penyebab gagalnya cek resi di bawah ini.

Server Ekspedisi Mengalami Gangguan

Penyebab pertama gagalnya cek resi yang paling sering dialami yaitu karena server ekspedisi sedang mengalami down atau gangguan. Hal ini ada beberapa penyebabnya seperti misalnya sistem server yang sedang diperbaiki atau biasa disebut traffic terlalu tinggi karena banyak orang yang sedang mengakses secara bersamaan. Hal tersebut akan berakibat akses menjadi lambat, koneksi ke server terputus beberapa saat mulai dari hitungan menit, jam, hingga mungkin sampai seharian.

Biasanya berapa lama perbaikan sistem server ekspedisi tidak bisa ditentukan dan tergantung pada besar kecilnya kendala masalah yang dihadapi. Jadi, jika ada situasi seperti itu, tunggulah sampai 1×24 jam kemudian baru lakukan pengecekan lagi.

Sistem Tracking Ekspedisi Belum Real Time

Agen pengiriman di daerah yang jaringan internetnya masih terbatas biasanya bukti pengiriman masih secara manual yaitu ditulis tangan. Jika kamu mendapat resu dengan jenis manual, maka bersabarlah sampai nomor resi dimasukkan ke database online sistem ekspedisi. Proses penginputan biasanya membutuhkan waktu sampai 1×24 jam sebelum nomor resi bisa dilacak.

Salah Memasukkan Nomor Resi

Penyebab selanjutnya gagal dalam pengecekan resi yaitu kita salah dalam memasukkan nomor resi, sehingga nomor resi tersebut tidak bisa dicek. Jadi, pastikan kita sudah benar dalam memasukkan nomor resi.

Nomor Resi Palsu

Kemungkinan penyebab gagal dalam cek resi yaitu nomor resi yang diberikan oleh online shop palsu. Hal ini menyebabkan paket yang kita beli akan susah dilacak. Jadi kita harus memastikan kita membeli di online shop yang amanah.

Related  2 Cara Cek Typo di Google Docs (di HP & Laptop) Bisa Otomatis

Demikian informasi seputar cara cek resi j&t, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam mengecek nomor resi sehingga bisa tahu barang yang dibeli sampai mana dan kemungkinan sampai bisa kita ketahui juga. Terimakasih.

Ulasan Terkait:

error:
Scroll to Top