Cara Cek Pengiriman JNE

Cara Cek Pengiriman JNE

Belanja online saat ini menjadi kegemaran hampir setiap orang, karena dengan belanja online kita hanya diam dirumah dan barang yang kita beli akan sampai di rumah dengan bantuan kurir. Sehingga kita harus memilih jasa pengiriman barang yang tepat dan cepat. Banyak sekali perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia, salah satunya adalah JNE. Untuk itu kita juga harus mengetahui cara cek pengiriman JNE.

Salah satu manfaat mengecek pengiriman JNE yaitu kita akan mengetahui sampai mana barang yang kita pesan dan kapan kira-kira barang tersebut akan sampai. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek pengiriman JNE. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Pengiriman JNE

Cara Cek Pengiriman JNE
Cek Pengiriman JNE

Cara cek resi pengiriman JNE bermacam-macam yaitu mulai dari lewat situs resmi JNE, melalui situs online lainnya, dan juga melalui HP. Namun sebelumnya kita perlu mempersiapkan nomor resi terlebih dahulu supaya mudah dalam proses pengecekan.

Cek Pengiriman JNE Melalui Situs Resmi

JNE memiliki situs resmi yaitu di https://www.jne.co.id. Dengan membuka situs tersebut kita bisa melacak keberadaan paket kita sudah sampai mana. Berikut langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk mengecek pengiriman JNE melalui situs tersebut.

  • Buka situs https://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  • Setelah itu masukkan nomor resi di kolom yang sudah tersedia. Di kolom ini kita bisa memasukkan lebih dari satu resi sehingga kita bisa melacak banyak paket pengiriman.
  • Setelah resi di masukkan, kemudian masukkan kode keamanan yang tertera.
  • Klik tombol ‘Search’.
  • Selanjutnya, kita akan melihat tabel yang berisi informasi tentang paket yang akan kita cek. Di dalam tabel tersebut ada beberapa keterangan yaitu No AWB (nomor resi yang kita masukkan), Services ( Keterangan Jenis layanan JNE yang kita pilih), Destination (alamat tujuan), Consignee (nama penerima barang yang tertera di paket), Date Received (tanggal diterimanya barang), Receiver (nama penerima barang di alamat tujuan), Status (keberadaan paket, apakah masih proses pengiriman, sudah di kurir, atau sudah sampai alamat tujuan)
Related  Cara Cek Nomor IM3 yang Benar

Selain untuk pelacakan cek pengiriman JNE, situs resmi ini juga memiliki fitur untuk mengecek tarif paket. Dan pastinya tarif akan berbeda setiap daerah tergantung dari jarak serta besar atau beratnya barang yang dikirim.

Jika ada kendala atau kesalahan pada status pengiriman, kita tidak perlu khawatir karena kita bisa menghubungi fitur bantuan JNE di nomor (021) 2927 8888 atau bisa juga melaui e-mail ke [email protected].

Cek Pengiriman JNE Melalui Online

Jika kita ada kendala saat mengecek pengiriman lewat situs resmi, jangan khawatir karena kita bisa mengeceknya melalui online. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melacak paket dengan situs online lainnya.

1. Cek Pengiriman JNE Lewat Cekresi.com

Untuk melacak paket yang kita beli lewat situs online ini, kita bisa langsung buka situs tersebut. Setelah itu masukkan nomor resi dan klik tombol “cek resi”. Selanjutnya pilihlah ekspedisi “JNE” dan kita akan bisa melihat informasi lengkap tentang paket.

2. Cek Pengiriman JNE Lewat Parcelsapp.com

Seperti situs cekresi, kita bisa melacak paket kita dengan cara yang mudah juga yaitu dengan memasukkan nomor resi kemudian klik tombol “cek resi”. Setelah itu akan muncul tracking keberadaan paket serta informasi penting lainnya.

Cek Pengiriman JNE Lewat Aplikasi e-commerce

Jika kita belanja online melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Olshop lainnya maka kita bisa tracking pengiriman JNE dengan mudah yaitu langsung melalui situs e-commerce. Caranya langsung pergi ke profil maka kita langsung bisa melihat status pengiriman barang yang kita pesan.

Cek Pengiriman JNE Lewat Handphone

Selain melalui situs resmi dan situs online lainnya, kita juga bisa mengecek pengiriman JNE lewat HP juga lho. Caranya cukup mengunduh aplikasi MyJNE di Play Store atau di AppStore yang ada di hp. Berikut ini langkah yang perlu kita lakukan:

  • Unduh aplikasi MyJNE.
  • Setelah aplikasi tersebut terinstal, masukkan e-mail kemudian buka e-mail yang sudah dimasukkan dan klik link verifikasi yang dikirim melalui email.
  • Selanjutnya isi kolom yang berisi data diri.
  • Terakhir masukkan nomor resi yang ada di beranda atau Home dan klik tombol “Cek Resi”. Alternatifnya kita bisa juga bisa scan barcode yang ada di resi lewat layanan scan yang ada di menu Home.
Related  Cara Cek Resi J&T

Setelah itu, tabel informasi tentang paket akan muncul di layar HP. Selain untuk melacak pengiriman JNE, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek tarif pengiriman paket, isi pulsa, isi ulang token listrik, serta dompet digital.

Cara COD Lewat JNE

COD atau Cash On Delivery merupakan salah satu metode pengiriman yang juga disediakan oleh perusahaan pengiriman seperti JNE. Melalui metode ini kita bisa memesan barang dengan bayar saat barang yang kita pesan sudah diantar ke rumah atau ke tempat tujuan yang kita pilih.

Caranya cukup mudah yaitu kita pilih saja opsi COD dan klik Yes. Kemudian isi total berat paket dan klik hitung ongkir, maka tarif atau biaya pengiriman akan muncul secara otomatis dan kita bayar ke kurir saat barang sudah sampai.

Video Cek Pengiriman JNE

Kelebihan JNE

  • Pengiriman Cepat

JNE merupakan salah satu jasa pengiriman yang sering dipilih oleh konsumen karena pengirimannya yang cepat.

  • Memiliki Banyak Cabang

JNE merupakan jasa pengiriman yang memiliki banyak cabang sehingga kantornya tersebar dimana-mana dan bisa ditemukan dengan mudah.

  • Biaya Ongkir Lebih Murah

Biaya ongkir yang murah menjadi daya tarik tersendiri dari JNE. Banyak alasan para konsumen memilih jasa pengiriman ini karena ongkirnya lebih murah.

  • Menyediakan Banyak Pilihan Paket

JNE menyediakan banyak pilihan paket sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Memiliki Sistem Online yang Mudah

Untuk melacak pengiriman paket, JNE juga memudahkan konsumen dalam mengecek paket dengan melalui situs online.

  • Bisa Bayar di Tempat (COD)

Dalam berbelanja online, banyak konsumen yang memilih untuk bayar di tempat karena dirasa lebih aman dan juga lebih mudah.

  • Menyediakan Layanan Customer Service
Related  6 Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Paling Baru dan Valid

JNE menyediakan fitur Customer Service yang bisa membantu konsumen dalam mengatasi berbagai keluhan dengan cepat. Jika ada keluhan seputar fitur JNE maka bisa langsung menghubungi JNE di nomor (021) 2927 8888 atau bisa juga melaui e-mail ke [email protected].

Demikian informasi tentang cara cek pengiriman JNE dengan mudah dan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat dalam mengetahui atau melacak paket pengiriman saat belanja online.

error:
Scroll to Top