Cara Menambah Kontak WhatsApp

Cara Menambah Kontak WhatsApp

Ada banyak  sekali pilihan aplikasi chatting atau perpesanan instan yang tersedia namun saat ini aplikasi WhatsApp tetap menjadi pilihan banyak orang untuk bisa berkomunikasi dengan teman, kerabat, oarang orang-orang yang mereka kenal. Sebelum kamu bisa berkomunikasi kamu perlu menambahkan kontak pada WhatsApp terlebih dahulu, cara menambah kontak WhatsApp juga sangat mudah untuk kamu lakukan secara mandiri.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan yang memiliki banyak fitur menarik bukan hanya untuk menerima dan mengirim pesan saja tetapi kamu juga bisa mendapatkan fitur lainnya seperti panggilan suara baik perorangan ataupun panggilan grup, video call dan video call grup, selain itu kamu juga bisa saling mengirim stiker, gambar, video, membuat status dengan kontak kamu yang lain.

Aplikasi WhatsApp tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna handphone Android namun juga bisa digunakan di handphone iOS seperti iPhone. Chatting di aplikasi WhatsApp akan tergantung pada banyaknya kontak yang kamu simpan, jika kamu memiliki banyak kontak tentu saja temanmu akan semakin banyak.

Walaupun saat ini jika kamu ingin mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp original kamu bisa melakukanya tanpa harus menyimpan kontak yaitu dengan menekan link dari pengguna tersebut. Namun tentu saja hal tersebut akan lebih ribet jika kamu ingin mengirim pesan kepada teman atau kerabat kamu. Oleh sebab itu menambah kontak di aplikasi WhatsApp adalah hal yang penting untuk kamu lakukan karena jika kamu ingin mengirim pesan kamu perlu memiliki kontak orang tersebut supaya kamu bisa mengirim pesan dengan lebih efisien lagi.

Ada banyak  cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan kontak pada aplikasi WhatsApp, apalagi sekarang WhatsApp juga sudah memiliki fitur yang akan memudahkan kamu saat akan menambahkan kontak dan kamu tidak perlu lagi mengetik nomor yang ingin kamu tambahkan secara manual, fitur tersebut merupakan Kode QR dimana kamu hanya perlu melakukan scan pada Kode QR orang lain yang ingin kamu tambahkan.

Related  Cara Membuat Link Whatsapp di Bit.ly

Cara memakai Kode QR ini sangat mudah dan mirip saat kamu hendak masuk ke WhatsApp melalui WhatsApp Web di laptop/PC. Selain menggunakan Kode QR kamu bisa juga menambahkan kontak secara manual yaitu dengan mengetik nomor kontak yang kamu inginkan.

Sebelum kamu menambahkan kontak WhatsApp hal yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus memberikan izin pada aplikasi WhatsApp untuk mengakses semua kontak di handphone kamu supaya kamu bisa terhubung dengan pengguna WhatsApp lainnya dan kontak tersebut akan terdeteksi oleh aplikasi WhatsApp.

Cara Menambah Kontak WhatsApp

Cara Menambah Kontak WhatsApp
Cara Menambah Kontak WhatsApp

Pada pembahasan artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menambah kontak WhatsApp, jika kamu pengguna baru WhatsApp dan belum mengetahui cara menambahkan kontak di aplikasi WhatsApp maka artikel ini sangat tepat untuk kamu.

Jika kamu ingin mengetahui cara menambahkan kontak baru di aplikasi WhatsApp kamu bisa mengikuti artikel ini dari awal hingga selesai, ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk menambahkan kontak. Jika kamu ingin mengirim pesan melalui WhatsApp dan ternyata kontak yang ingin kamu kirimi pesan belum terdaftar sebagai pengguna WhatsApp kamu juga bisa mengundang kontak tersebut untuk mendaftar di aplikasi WhatsApp.

Berikut ini beberapa pilihan cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa menambahkan kontak baru pada aplikasi WhatsApp :

1. Cara Menambah Kontak WhatsApp Dengan Undang Teman

Cara pertama jika kontak yang kamu ingin kirimi pesan ternyata belum terdaftar pada aplikasi WhatsApp kamu bisa mengundangnya melalui pesan atau SMS, namun tentu saja sebelum kamu mengirim undangan melalui pesan kamu harus siapkan pulsa dulu supaya pesan kamu bisa sampai. Selain melalui pesan kamu juga bisa mengirim undangan melalui aplikasi media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Related  Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru

Berikut ini langkah-langkah untuk mengundang teman supaya mendaftar aplikasi WhatsApp :

  • Pertama buka handphone kamu dan buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu tekan ikon Kontak yang ada dibagian kanan bawah.
  • Berikutnya scoll kebawah akan ada beberapa saran Undang ke WhatsApp dan temukan opsi Bagikan Tautan Undangan.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung memilih beberapa pilihan kontak di Undang ke WhatsApp atau jika tidak ada kontak yang kamu inginkan kamu bisa menekan opsi Bagikan Tautan Undangan.
  • Kemudian akan ada beberapa pilihan seperti Salin dan Pesan. Kamu bisa langsung menekan opsi Pesan untuk mengirimkan undangan melalui pesan dan Salin jika kamu ingin mengirimkan undangan melalui media sosial lainnya.
  • Selesai.

2. Cara Menambah Kontak WhatsApp Melalui Aplikasi

Cara berikutnya kamu bisa menambahkan kontak langsung melalui aplikasi aplikasi WhatsApp, cara ini relatif banyak dilakukan oleh pengguna WhatsApp dan mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp pada handphone kamu, sebelum itu pastikan aplikasi memiliki izin akses daftar kontak di handphone kamu.
  • Kemudian pilih ikon Kontak yang berada di sebelah pojok kanan bawah tampilan aplikasi.
  • Setelah itu pilih opsi New Kontak, lalu masukan Nama dan Nomor Telepon kontak yang ingin kamu tambahkan.
  • Berikutnya tekan tombol Simpan.
  • Kamu bisa memilih menyimpan kontak pada memori internal telepon, kartu SD, dan akun Google.
  • Selanjutnya apabila kontak yang kamu tambahkan belum ditampilkan di aplikasi pilih opsi Titik Tiga yang ada disebalah kanan atas tampilan kontak WhatsApp. Lalu pilih opsi Perbarui atau Refresh.
  • Selesai.

3. Cara Menambah Kontak Melalui Aplikasi Kontak 

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan kontak melalui aplikasi kontak yang ada di handphone kamu, tentu saja kamu sudah familier dengan cara menambahkan kontak pada aplikasi ini. Jika kamu sudah memberikan izin aplikasi WhatsApp untuk mengakses kontak handphone maka kontak yang kamu tambahkan akan secara otomatis tersinkronikasi ke kontak WhatsApp. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama buka aplikasi Kontak di handphone kamu.
  • Setelah itu tekan Kontak Baru atau biasanya memiliki ikon (+).
  • Berikut masukan Nama dan Nomor Telepon, lalu tekan Simpan.
  • Kamu bisa menyimpan kontak di memori internal, kartu SD, dan akun Google.
  • Selanjutnya kontak kamu akan secara otomatis tersinkronikasi di daftar kontak WhatsApp.
  • Berikutnya apabila kontak yang kamu tambahkan belum ditampilkan di aplikasi pilih opsi Titik Tiga yang ada disebelah kanan atas tampilan kontak WhatsApp. Lalu pilih opsi Perbarui atau Refresh.
  • Selesai.
Related  Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp

4. Cara Menambah Kontak Melalui Kode QR

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan kontak di aplikasi WhatsApp adalah dengan menggunakan kode QR, dengan menggunakan kode QR kamu tidak perlu mengetik nomor telepon secara manual. Berikut ini langkah-langkah :

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp dan masuk kebagian Setelan dengan ikon Titik Tiga.
  • Setelah itu kamu akan menemukan logo Kode QR yang terletak disebelah foto profil akun WhatsApp kamu.
  • Kemudian tekan logo Kode QR tersebut dan akan ada dua pilihan yaitu Kode Saya dan Pindai Kode.
  • Pilih opsi Pindai Kode untuk memindai kode milik pengguna WhatsApp lain yang ingin kamu tambahkan kontaknya.
  • Tekan Add dan secara otomatis kontak tersebut akan ditambahkan ke kontak WhatsApp kamu.
  • Selesai

Demikianlah 4 cara menambah kontak WhatsApp yang bisa kamu coba lakukan, kamu bisa memilih cara mana yang kamu inginkan untuk menambahkan kontak baru. Sebelumnya jika aplikasi WhatsApp kamu sudah versi lama dan akan kadalursa kamu bisa memperbarui aplikasi WhatsApp terlebih dahulu yang caranya sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

error:
Scroll to Top