Cara Cek Kondisi iPhone

8+ Cara Cek Kondisi iPhone (Penting) Agar Tidak Tertipu

GEMATOS.ID | iPhone sepertinya punya daya tarik sendiri yang membuat banyak orang ingin memilikinya. Bahkan tidak jarang yang memilih untuk memburu barang bekas. Tapi perhatikan cara cek kondisi iPhone agar kamu tidak tertipu dengan produk abal-abal atau bagus dari tampilan luarnya saja. 

Ada berbagai aspek yang perlu dicek terlebih dahulu sebelum membeli HP. Selain untuk beli iPhone bekas, pengecekan ini juga untuk memastikan kalau kondisi iPhone yang kamu miliki sekarang masih baik-baik saja. Dengan begitu akan langsung terlihat apabila ada eror maupun penurunan performa.

Cara Cek Kondisi iPhone

Cara Cek Kondisi iPhone
Cara Cek Kondisi iPhone

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli HP iPhone. Beberapa aspek yang perlu dicek antara lain mulai dari kondisi fisiknya, LCD, nomor IMEI, speaker, kamera, dan lainnya. Perhatikan berbagai cara cek kondisi iPhone berikut ini:

1. Mengecek Kondisi Fisik Perangkat ✅

Cara Cek Kondisi iPhone

Cara cek kondisi iPhone yang pertama yaitu dilihat dari kondisi fisiknya. Langkah inilah yang paling mudah untuk kamu lakukan. Sebab, bisa dilihat langsung tanpa harus mengotak-atik bagian dalam perangkat. 

Kamu jangan langsung tergiur dengan penampilan iPhone yang menarik. Tapi pastikan juga bahwa bodinya masih mulus dan tidak ada retak sama sekali. Selain itu, perhatikan apakah ada bagian yang tergores atau tidak. Kalaupun ada, pastikan goresan tersebut tidak sampai merusak bodi perangkat. 

Cek juga bagian samping HP. Pastikan bahwa posisi tersebut benar-benar rapat. Karena kalau terlihat benggang, besar kemungkinan baterainya sudah kembung. Kemudian cobalah semua tombol satu per satu dan pastikan berfungsi dengan benar. Mulai dari tombol power, volume up dan down, serta switch mute. 

Related  Cara Install Xapk

2. Memastikan Kondisi LCD ✅

Aspek selanjutnya yang wajib kamu perhatikan adalah LCD. Di mana layar menjadi komponen penting dalam perangkat seluler. Karena semua perintah yang kamu berikan akan ditampilkan pada layar. Jika LCD bermasalah, pasti akan mengganggu kinerja perangkat. 

Salah satu cara mengeceknya yaitu lewat true tone. True tone merupakan fitur di iPhone 8 dan seatasnya yang menggunakan teknologi sensor dengan menyesuaikan kecerahan layar sesuai lingkungan. Adanya fitur tersebut akan membuat mata kamu lebih nyaman ketika menggunakan HP. 

True tone jadi salah satu fitur yang penting di iPhone. Bahkan bisa menunjukkan apakah LCD yang digunakan ori ataukah pernah diganti dengan yang KW. Kamu dapat cek dengan cara berikut ini:

  • Ketuk dan tahan menu Kecerahan Layar dari kontrol panel. 

Cara Cek Kondisi iPhone

  • Kemudian cek fitur True Tone yang ada di kanan bawah. 

  • Jika fitur tersebut tidak menyala, besar kemungkinan LCD pernah diganti. Selain itu, menjadi indikasi kalau hardware dan software-nya bermasalah. 
  • Selain itu, kamu bisa mengeceknya pakai assistive touch. Cobalah geser assistive touch ke semua sisi layar iPhone. Kalau tiba-tiba terlepas sendiri, mungkin menjadi salah satu tanda ada layar yang mati. 

3. Mengecek IMEI iPhone

Cara cek kondisi iPhone yang ketiga yaitu dengan melihat IMEI-nya. Kenapa IMEI itu penting bagi perangkat seluler, khususnya iPhone? Karena lewat nomor tersebut, kamu bisa mengidentifikasi keresmian iPhone untuk digunakan di Indonesia. Apalagi jika membeli iPhone inter. Berikut ini cara mengeceknya:

  • Buka menu Telepon di iPhone. 
  • Kemudian input kode *#06#.
  • Nantinya akan muncul informasi nomor IMEI dari iPhone tersebut. 

Cara Cek Kondisi iPhone

  • Berikutnya, cocokkan IMEI pada website Kemenperin untuk iPhone iBox, sedangkan iPhone inter di situs web Beacukai. 
  • Kalau terdaftar, berarti iPhone milikmu resmi dan aman digunakan. 
  • Namun jika saat beli iPhone inter tapi penjual mengatakan, “IMEI terdaftar di Kemenperin,” kamu perlu waspada. Karena bisa jadi itu IMEI tembakan dan kapan saja masih dapat terblokir. 
Related  Cara Cek PW WiFi yang Benar

4. Mengecek Komponen Pernah Diganti atau Tidak ✅

Sebenarnya cara cek kondisi iPhone itu tidak terlalu sulit. Bahkan kamu dapat melihat apakah iPhone tersebut pernah masuk meja servis atau tidak. Kalau pernah melalui perbaikan, apakah yang digunakan itu komponen asli atau bukan. Semua itu, bisa kamu cek dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings

Cara Cek Kondisi iPhone

  • Kemudian masuk ke bagian General.

  • Selanjutnya kamu cek di menu About atau Mengenai

  • Sesuaikan cara ini dengan versi iOS. Untuk versi 15.2 atau lebih baru, kamu mungkin melihat Riwayat Komponen dan Servis setelah nomor seri. 

  • Apabila bagian tersebut berlabel Komponen Apple Asli, maka bisa dipastikan bahwa telah diganti dengan proses dan komponen yang asli. 
  • Namun jika yang kamu temukan label Komponen Tidak Dikenal atau Unknown Part, itu ada beberapa kemungkinan. Mungkin diganti komponen tidak asli, pemasangan tidak lengkap,  tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau pernah digunakan di iPhone lain. 

5. Memastikan Kesehatan Baterai (Battery Health) ✅

Cara cek kondisi iPhone kelima yaitu memastikan baterai perangkat masih dalam kondisi bagus dan sehat. Pengecekan battery health dapat dilakukan langsung melalui menu Pengaturan di HP iPhone. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan HP iPhone. 
  • Selanjutnya, masuk ke bagian Battery atau Baterai

Cara Cek Kondisi iPhone

  • Berikutnya pilih fitur Kesehatan Baterai (iPhone 6, iOS 11.3 dan versi lebih baru). Atau pilih Kesehatan & Pengisian Daya Baterai untuk iOS 16.1 dan atasnya. 

  • Kemudian lihat di kapasitas maksimum baterai. Biasanya akan muncul pesan penting terkait baterai, termasuk jika kesehatannya menurun. Namun informasi tersebut tidak akan muncul jika iPhone menggunakan baterai tidak asli atau tidak dikenal. 
Related  Cara Cek Resi Pos

6. Mengecek Speaker dan Mikrofon ✅

Speaker dan mikrofon adalah dua komponen selanjutnya yang wajib kamu cek. Sebelum memutuskan untuk beli iPhone, pasti mikrofon berfungsi dengan baik. Salah satu cara mengeceknya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Memo Suara. 

Cara Cek Kondisi iPhone

  • Ketuk tombol untuk merekam dan ucapkan beberapa kata. 
  • Setelah itu, cobalah memutar ulang memo. Apakah suaramu terdengar dengan jelas? Kalau tidak, kemungkinan mikrofon mengalami masalah. 
  • Kemudian untum cek speaker bisa lewat aplikasi YouTube. Carilah video stereo speaker test. Lalu dengarkan apakah speaker atas dan bawah dapat berfungsi semua. 

7. Melihat Kondisi Kamera ✅

Cara cek kondisi iPhone lain yang harus kamu lakukan yaitu fitur kamera. iPhone memang dikenal dengan kameranya yang bagus dan stabil. Namun saat kamu membeli barang bekas, hal ini tidak boleh luput dari pemeriksaan.

  • Bukalah aplikasi Kamera

Cara Cek Kondisi iPhone

  • Cek semua fitur yang ada, mulai dari kamera depan, utama, dan ultrawide
  • Pastikan juga flash menyala. 
  • Kemudian coba untuk melakukan switch dari kamera belakang ke depan. Jika kondisinya masih prima, maka tidak ada proses loading

8. Memastikan Apple ID Sudah Kosong ✅

Cara Cek Kondisi iPhone

Kenapa cara ini penting? Karena kalau masih ada Apple ID yang tertinggal di iPhone tersebut, kamu tidak bisa mengakses perangkat sebab terkunci. Cobalah cek di menu Pengaturan. Apabila masih ada, sebaiknya minta untuk di-logout terlebih dahulu. 

Itulah beberapa cara cek kondisi iPhone yang harus kamu perhatikan. Mengecek semua aspek dan komponen di HP iPhone sangat penting jika ingin membelinya, terlebih untuk barang bekas. Walaupun kelihatannya bagus, jangan tertipu karena mungkin HP tersebut pernah diganti dengan komponen tidak asli. 

error:
Scroll to Top