cara cek jne

Cara Cek JNE

Bagaimana cara cek JNE? Apa saja langkah untuk mengecek resi JNE? Bagaimana mengetahui nomor resi JNE?

Berkembangnya teknologi di era digital saat ini, tentu menjadi salah satu hal yang sangat menguntungkan pengguna terlebih pada sektor perbelanjaan yang sudah bisa dilakukan secara online.

Sebagaimana kita tau, sebelum adanya teknologi yang berkembang, ketika kita ingin membeli sebuah barang kita harus terlebih dahulu mengunjungi pusat perbelanjaan ataupun toko yang menjual barang tersebut.

Namun saat ini, kita bisa lebih mudah ketika ingin melakukan kegiatan belanja. Sebab, saat ini kita bisa menikmati layanan online shop atau toko online yang menjual berbagai macam kebutuhan.

Adapun untuk sistem kerja dari online shop ini tak jauh beda dengan pembelanjaan konvensional. Kamu bisa terlebih dahulu memilih produk apa yang akan dibeli, lalu kemudian melakukan pembayaran melalui payment gateway yang tersedia, sebelum akhirnya seller memprosess pesanan kalian.

Dengan adanya layanan e-commerce ini, tentunya akan memudahkan pengguna atau pembeli sebab mereka hanya perlu duduk manis dirumah, menunggu produk yang dipesan tiba ke alamat terdaftar.

Nah, dalam prosess pengiriman inilah pihak e-commerce melakukan kerja sama dengan pihak ekspedisi atau pengataran paket dan dokumen. Salah satunya ada JNE.

Tentunya, kamu sudah gak lagi asing kalau mendengar kata JNE. Layanan ekspedisi atau pengriman paket antara kota dan provinsi ini sudah berdiri sejak tahun 90an.

JNE sendiri memliki beragam service atau layanan yang bisa digunakan oleh pengguna secara personal ataupun untuk pemilik toko online atau seller di e-commerce. Seperti

  • JNE Reg – Reguler (estimasi waktu tiba 2 – 3 hari)
  • JNE YES – Yakin Esok Sampai (estimasi waktu tiba 1 hari)
  • JNE ONS – One Night Service (estimasi waktu lebih cepat dari YES)
Related  Cara Cek Saldo BRIZZI yang Baru Update Januari 2024

Dari ketiga layanan JNE ini, masing-masing nya jelas memiliki harga yang berbeda. Biasanya, untuk ongkos kirim yang diberlakukan akan dilihat dari jenis paket yang akan dikirimkan.

Apabila paket dirasa terlalu besar, biasanya pihak JNE akan memberlakukan hitungan per-kilogram dari paket yang dikirimkan. Namun jika tidak terlalu besar, ongkir yang dikenakan terbilang wajar.

JNE sendiri kerap menjadi pilihan para seller di e-commerce karena pelayanannya yang mudah, dan prosessnya yang cepat. Walaupun untuk pemilik toko, paket yang hendak di kirim harus diantarkan ke konter JNE terdekat, dan tidak ada service untuk pick up paket.

Tetapi, apabila kamu tinggal di dekat konter pengiriman JNE terdekat, biasanya pihak JNE akan memberikan layanan Pick Up paket dengan menghubungi whatsapp yang tersedia, dengan ketentuan yang berlaku.

Tapi gak cuma untuk pemilik toko online  saja kok. Kamu pribadi juga tetap bisa menggunakan layanan JNE secara personal, untuk mengirimkan paket ke antar kota ataupun antar provinsi.

Cara Cek JNE

Cara Cek JNE
Cek Resi JNE

Gak cuma itu aja kok. Kita juga bisa melakukan pengecekan prosess pengiriman paket dengan menggunakan nomor resi yang dikeluarkan oleh pihak JNE. Tentunya, untuk cara cek resi JNE sendiri bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, seperti

Cara Cek JNE lewat Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Aplikasi dari JNE yang bernama MyJNE. Aplikasi ini di develop langsung oleh pihak JNE, yang memang dikhususkan untuk melakukan pengecekan resi dan bisa kamu unduh di App Store ataupun Google Play Store. Caranya

  1. Download terlebih dahulu aplikasi MyJNE di ponsel kalian
  2. Setelah itu, login terlebih dahulu jika diperlukan (opsional)
  3. Apabila sudah, masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia dan klik pada tombol Search atau track
Related  Cara Cek Pengiriman JNE

Setelah itu, nantinya kamu akan melihat progress dari paket kalian sudah sampai mana. Dengan begitu, kamu bisa mengabarkan penerima apabila paket kalian sedang dalam perjalanan.

Cara Cek JNE lewat CekResi

Tak jauh beda dengan cara cek  j&t yang sudah kita ulas sebelumnya, disini kamu bisa melakukan pengecekan nomor resi dengan bantuan situs cekresi. Dan juga, cara ini terbilang lebih mudah karena kamu bisa mengaksessnya kapanpun dan dimanapun.

  1. Buka browser yang ada di smartphone atau komputer dan laptop kalian
  2. Setelah itu, kunjungi situs https://cekresi.com/tracking/jne-tracking-mudah-dan-cepat.php
  3. Masukkan nomor resi JNE pada kolom yang tersedia dan kemudian klik pada tombol ‘Cek Resi’

Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya kamu melihat informasi dari paket yang kamu kirimkan menggunakan JNE.

Cara Cek JNE lewat Situs JNE

Kemudian untuk cara yang ketiga, kita bisa menggunakan layanan dari situs JNE itu sendiri. Walaupun terbilang sama dengan CekResi, keunggulan dari situs JNE untuk mengecek resi adalah kamu bisa memasukkan lebih dari 1 nomor resi (maksimal 20). Sehingga, cara ini sangat berguna untuk seller yang mungkin ingin mengecek keberadaan lebih dari 1 paket yang dikirimkan. Caranya

  1. Buka browser yang ada di smartphone ataupun komputer dan laptop kalian
  2. Setelah itu, kunjungi situs https://www.jne.co.id/id/tracking/trace
  3. Apabila sudah, masukkan nomor resi yang akan di track atau di lacak
  4. Untuk memasukkan lebih dari 1 nomor resi, kamu bisa menekan enter untuk membuat baris baru
  5. Jika sudah, klik pada tombol Search

Nantinya, kamu akan melihat detail atau informasi mengenai paket yang kamu kirimkan melalui JNE secara detail dan lengkap.

Cara Cek JNE lewat Resi.id

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan layanan dari Resi.id apabila situs CekResi dan JNE sedang bermasalah. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Buka browser yang ada di smartphone atau komputer dan laptop kalian
  2. Kemudian kunjungi situs https://resi.id/lacak-resi-jne
  3. Apabila sudah terbuka, masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia, dan klik pada tombol Track
Related  Cara Iklan di Facebook

Terakhr, kamu tinggal menunggu beberapa saat untuk dapat melihat informasi seputar paket yang kamu kirimkan tadi.

Video Cara Cek JNE

Walaupun ada beberapa cara untuk mengecek resi JNE seperti yang mimin tulis tadi, tracking resi sendiri tidak dapat dilakukan secara instant atau langsung setelah kamu mengirimkan paket.

Biasanya, ada jeda waktu antara 1 – 5 jam sebelum akhirnya resi kalian bisa di track. Apabila kamu baru saja mengirimkan paket, kemungkinan resi yang kamu track tidak akan terbaca, karena belum masuk dalam database dari JNE itu sendiri.

Karena memang pengecekan resi ini kerap dilakukan untuk penjual ataupun perseorangan yang mungkin mengalami kendala ketika paket mereka tak kunjung tiba melebihi batas waktu yang ditentukan.

Apabila hal ini masih tak terpecahkan, maka solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi konter JNE terdekat, untuk menanyakan keberadaan atau progress paket kalian.

Namun apabila kamu tidak menemukan konter JNE terdekat, kamu bisa menghubungi layanan bantuan dari JNE melalui beberapa sosmed mereka, seperti Facebook, Twitter, Instagram, ataupun melalui email.

Untuk itulah, penting bagi penjual ataupun perseorangan yang mengirimkan paket dengan JNE menyimpan nomor resi yang diberikan oleh admin JNE saat mengirimkan paket. Hal ini bertujuan untuk memudahkan prosess tracking.

Dan itulah tadi beberapa cara cek JNE yang bisa kamu gunakan. Silahakan pilih cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top